BI Rate Naik Lagi

Bank Sentral Lebih Pilih Stabilisasi Inflasi

BI Rate Naik Lagi
BI Rate Naik Lagi
JAKARTA - Pupus sudah harapan pelaku pasar modal untuk mendapatkan insentif dari bank sentral. Ini setelah Bank Indonesia mengumumkan kenaikan BI rate sebesar 25 bps (basis poin) menjadi 9,5 persen. Keputusan yang diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG), Selasa (7/10) itu merupakan kenaikan 25 bps selama enam kali berturut-turut sejak Mei.

Kebijakan bank sentral ini mencerminkan BI lebih memilih stabilisasi angka inflasi daripada memberikan insentif penurunan bunga untuk menggairahkan pasar modal yang sedang terpuruk.

Gubernur BI Boediono mengatakan kenaikan BI rate diputuskan setelah mencermati perkembangan keuangan global dan ekonomi dunia. Juga, meneliti perkembangan di dalam negeri seperti permintaan domestik, prospek neraca pembayaran, dan daya tahan sektor keuangan.

"Ini merupakan langkah untuk menyampaikan kepada para pelaku pasar bahwa BI konsisten kepada strategi pengendalian moneternya yang telah dilakukan saat ini," kata Boediono dalam jumpa pers usai RDG di kantornya kemarin (9/10). Didampingi Deputi Gubernur Senior BI Miranda Swaray Goeltom, jumpa pers kemarin hanya berlangsung singkat, kurang dari tiga menit.

JAKARTA - Pupus sudah harapan pelaku pasar modal untuk mendapatkan insentif dari bank sentral. Ini setelah Bank Indonesia mengumumkan kenaikan BI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News