Perusahaan Kecil Terancam Kolaps

Perusahaan Kecil Terancam Kolaps
Perusahaan Kecil Terancam Kolaps
JAKARTA - Gejolak perekonomian global akibat krisis keuangan di Amerika Serikat (AS) tampaknya berimbas ke semua sektor, tak terkecuali industri migas.

Wakil Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMigas) Abdul Muin mengatakan, karakteristik industri migas yang padat modal jelas akan terkena imbas krisis keuangan global. ''Terutama perusahaan kecil, mereka akan sangat terganggu,'' ujarnya di Jakarta, Selasa (7/10).

Menurut Muin, selama ini perusahaan kecil banyak bergantung pada pendanaan luar. Padahal, kondisi industri keuangan saat ini tidak memungkinkan mereka untuk menyalurkan pendanaan dalam jumlah besar ke sektor migas yang tergolong industri berisiko tinggi.

''Karena keterbatasan dana, mereka tidak mungkin lagi mendapat dana murah. Untuk itu, mereka akan mengubah strategi. Misal dengan menunda atau menyetop kegiatan eksplorasi. Kemungkinan mereka juga akan menjual aset-aset di luar core business. Untuk itu, mereka butuh konsolidasi, atau bahkan diakuisisi oleh perusahaan besar,'' paparnya.

JAKARTA - Gejolak perekonomian global akibat krisis keuangan di Amerika Serikat (AS) tampaknya berimbas ke semua sektor, tak terkecuali industri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News