BI Rate Turun Jadi 8,25 Persen

BI Rate Turun Jadi 8,25 Persen
TERPICU BI RATE: Penurunan BI Rate sebesar 0,5% menjadi 8,25%, mampu menggerakkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Beberapa saham yang terimbas sentimen positif penurunan BI rate kembali naik. Pada penutupan perdagangan saham Rabu (4/2), IHSG naik 16,032 poin (1,23%) menjadi 1.320,363. Tampak perdagangan di BEI menjelang penutupan sesi kedua, Rabu (04/2). Foto: Muhamad Ali/ JAWA POS
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan bunga acuan atau BI rate sebesar 50 bps menjadi 8,25 persen. Ini adalah penurunan 50 bps dalam dua bulan beruntun.

Deputi Gubernur Senior BI Miranda Swaray Goeltom mengatakan penurunan suku bunga itu masih akan berlanjut. Terutama jika inflasi masih cukup landai dan ekonomi dunia masih belum menentu.

"Kalau bulan depan data-data menunjukkan bahwa tekanan inflasi sudah semakin berkurang, kemudian kami melihat kembali perekonomian dunia demikian masih belum pasti, kami tetap membuka ruang untuk penurunan suku bunga," kata Miranda di Jakarta, Rabu (4/2).

Miranda mengatakan penurunan kembali BI rate merupakan sinyal keinginan BI agar perbankan menurunkan kredit. "Kita juga mengharap dan mengimbau kepada perbankan, bahwa penurunan suku bunga dari BI itu untuk (agar) bank memberikan kredit lebih banyak. Itu hendaknya direspons lebih baik oleh perbankan," kata Miranda.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan bunga acuan atau BI rate sebesar 50 bps menjadi 8,25 persen. Ini adalah penurunan 50 bps dalam dua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News