IMF: Ekonomi Asia Pulih Tahun Depan

Jika Ekspor ke Mitra Dagang Membaik Lagi

IMF: Ekonomi Asia Pulih Tahun Depan
IMF: Ekonomi Asia Pulih Tahun Depan
SHANGHAI - Resesi ekonomi global diprediksi tidak akan menyeret Asia terlalu dalam atau berlarut-larut. IMF (Dana Moneter Internasional) punya estimasi bahwa ekonomi Asia yang sedang berjuang menghadapi krisis global bangkit lagi saat para mitra dagang negara-negara di kawasan itu mulai pulih.

Managing Director IMF Dominique Strauss-Kahn memprediksi titik balik akan terjadi pada akhir tahun ini atau awal 2010. ''Setelah perekonomian Amerika dan Eropa mulai rebound, beberapa negara di Asia akan pulih dengan cepat,'' katanya kemarin (3/2).

Untuk outlook ekonomi tahun ini, IMF meramal masih akan suram. Proyeksi terbaru yang dirilis IMF menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi dunia hanya akan mencapai 0,5 persen tahun ini atau turun dari estimasi pada November 2008 sebesar 2,2 persen. Sementara ekonomi negara-negara maju diperkirakan mengalami kontraksi dua persen.

IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi di Asia akan mencapai lebih dari lima persen pada 2010 atau hampir dua kali lipat ketimbang pertumbuhan yang diharapkan pada 2009. Pertumbuhan ekonomi Asia tahun ini diprediksi 2,7 persen. Emerging markets (pasar potensial) di Asia diharapkan bakal tumbuh 5,5 persen.

SHANGHAI - Resesi ekonomi global diprediksi tidak akan menyeret Asia terlalu dalam atau berlarut-larut. IMF (Dana Moneter Internasional) punya estimasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News