Biaya HUT RI di Istana Rp 7,8 M

Biaya HUT RI di Istana Rp 7,8 M
Biaya HUT RI di Istana Rp 7,8 M
JAKARTA--Anggaran perayaan HUT Ke-67 Kemerdekaan RI di Istana Presiden dianggap terlalu tinggi. Berdasar temuan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), rangkaian kegiatan Upacara Bendera 17 Agustus itu pada tahun ini menghabiskan dana Rp 7,83 miliar.

"Hanya untuk sebuah acara seremonial kenegaraan, anggaran sebanyak itu sungguh luar biasa dan fantastis," kata Koordinator Fitra Uchok Sky Khadafi Selasa (14/8).

Dari anggaran Rp 7,83 miliar itu, alokasi anggaran yang paling banyak digunakan untuk pengadaan suvenir di lingkungan istana Rp 1,7 miliar. Menyusul untuk sewa penggunaan AC standing floor, misting fan, cooling fan, CCTV, dan camera shooting Rp 1,1 miliar. Semua itu merupakan satu paket acara peringatan HUT RI di Istana Presiden. "Jangankan sebesar Rp 7,8 miliar, nyawa kita saja harus rela kita korbankan. Tapi, bukan untuk acara seremonial seperti ini," tegas Uchok.

Makna hari kemerdekaaan tahun ini, menurut Uchok, seharusnya tidak lagi dicederai oleh fenomena dinikmatinya anggaran negara hanya oleh pejabat publik. Apalagi, Indonesia masih belum bebas dari jeratan utang. "Masih banyak orang miskin lantaran sumber daya alam masih dikuasai oleh elite politik di pusat dan pihak asing daripada oleh negara sendiri untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat," tandasnya.

JAKARTA--Anggaran perayaan HUT Ke-67 Kemerdekaan RI di Istana Presiden dianggap terlalu tinggi. Berdasar temuan Forum Indonesia untuk Transparansi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News