Biaya Konvensi Tak Perlu Masuk Dana Kampanye

Biaya Konvensi Tak Perlu Masuk Dana Kampanye
Biaya Konvensi Tak Perlu Masuk Dana Kampanye
JAKARTA - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigit Pamungkas menyatakan bahwa rencana Partai Demokrat (PD) menggelar konvensi penjaringan calon presiden (capres) merupakan aktivitas internal partai. Karenanya, laporan keuangan penyelenggaraan konvensi di partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu tak perlu dilaporkan ke KPU.

Menurut Sigit, konvensi capres bukan untuk membujuk pemilih agar memilih PD. Karenanya biaya konvensi pun tidak perlu masuk dalam biaya kampanye partai yang harus diaudit dan dilaporkan.

"Itu (konvensi) tidak ada hubungannya dengan aktivitas kampanye partai ke pemilu. Karena prosesnya bukan dalam rangka mempersuasi pemilih. Tapi dia berkaitan dengan mekanisme internal partai," ujar Sigit di Jakarta, Jumat (12/7).

Menurutnya, laporan keuangan atas penyelenggaraan konvensi PD nantinya cukup masuk laporan keuangan internal partai. "Intinya, semua aktivitas yang digunakan partai dalam kampanye pemilu, itu yang dimasukkan dalam sumbangan dana kampanye. Kalau tidak ada hubungannya maka tidak usah dimasukkan dalam laporan rekening itu," katanya.

JAKARTA - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigit Pamungkas menyatakan bahwa rencana Partai Demokrat (PD) menggelar konvensi penjaringan calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News