Bicara Keberanian dan Ketegasan, Jokowi Singgung Freeport

Bicara Keberanian dan Ketegasan, Jokowi Singgung Freeport
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan Pidato dalam Rangka Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2019 Disertai Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya, Jakarta, Kamis (16/8). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Dalam melakukan berbagai lompatan kemajuan, dibutuhkan keberanian dan ketegasan dalam mengambil keputusan yang terbaik bagi kepentingan rakyat Indonesia.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya di forum sidang bersama DPR/DPD RI dalam rangka memperingati HUT RI ke-73, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/8).

Jokowi -sapaan Joko Widodo, mengatakan keberanian dan ketegasan telah dibuktikan pemerintahannya dalam melindungi hutan dan lahan.

Hasilnya, kebakaran hutan dan lahan menurun signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Namun dukungan dan ketegasan itu tidak bisa maksimal tanpa ada dukungan dan partisipasimasyarakat. Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada TNI, Polri, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat yang penuh dedikasi mencegah kebakaran hutan," ucap Jokowi.

Ketegasan menurutnya juga dibutuhkan dalam pemberantasan narkoba yang merusak masa depan generasi bangsa. Kemudian, tegas dalam menjaga kekayaan alam agar bangsa ini berdaulat atas sumber daya alam yang dimiliki.

Berdaulat secara maritim, sehingga lautan, teluk,sampai dengan samudera harus terus dijaga.

Pemerintah, menurutnya, tidak main-main dengan aksi pencurian ikan yang dulu sering terjadi di perairan nusantara.

Sejumlah blok migas dan tambang Emas Freeport berhasil kembali ke pangkuan Indonesia setelah lama dikuasai asing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News