Binawan Group Berangkatkan 30 Perawat Profesional ke UAE dan Kuwait

Binawan Group Berangkatkan 30 Perawat Profesional ke UAE dan Kuwait
Perawat EMT UAE bersama Mr. Fahd Baraba, National Ambulance UAE. Foto: dok Binawan Group

jpnn.com, JAKARTA - Binawan Group, lembaga yang mengelola pendidikan, pelatihan dan penempatan tenaga kesehatan ke luar negeri di Indonesia, memberangkatkan gelombang  perdana tenaga perawat profesional. Penempatan 30 orang perawat yang akan bekerja terbagi menjadi: 11 orang di National Ambulance, United Arab Emirates, 8 orang bekerja di Aamer Health Care Center, United Arab Emirates, serta 11 orang ke Alorf Hospital, Kuwait.

Acara pemberangkatan diselenggarakan di Aula Kampus Universitas Binawan dihadiri langsung oleh Duta Besar United Arab Emirates untuk Indonesia H.E. Abdulla Salem Obaid AlDhaheri, Anggota Komisi IX DPR RI Bapak Dr. Edy Wuryanto, Utusan National Ambulance UAE Mr. Fahd Baraba; Turut hadir secara daring ialah Duta Besar Republik Indonesia untuk UAE Bapak Husin Bagis, Kuasa Usaha KBRI Kuwait Bapak Adi Kuntarto.

Dalam acara tersebut, Duta Besar Republik Indonesia untuk United Arab Emirates Husin Bagis menyatakan, “seluruh perawat yang didelegasikan oleh Binawan Group menjadi bagian dari target kami untuk mengirimkan 1.000 tenaga kerja kesehatan Indonesia pada 2021-2022. Untuk mencapai target ini, penting bagi pemerintah untuk berkolaborasi dengan pihak swasta, seperti Binawan. Keberangkatan para tenaga perawat ini menunjukan bahwa tenaga kerja migran Indonesia, terutama para perawat, telah memiliki kualitas yang layak untuk berkompetisi dengan perawat dari negara lain.”

Anggota Komisi IX (Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan) DPR RI Bapak Dr. Edy Wuryantomenyatakan bahwa pemerintah siap mendukung sinergi dengan swasta dalam pelatihan dan penyiapan sumber daya manusia Indonesia berkualitas. “Dukungan yang diberikan oleh pemerintah antara lain adalah skema pendanaan KUR yang mudah, regulasi dan birokrasi efisien untuk mempercepat proses penempatan tenaga profesional, serta memastikan perlindungan dan kesejahteraan tenaga profesional dan keluarganya.”

Melalui sambutannya, Duta Besar United Arab Emirates untuk Indonesia H.E. Abdulla Salem Obaid AlDhaheri, menyatakan bahwa keberangkatan perawat ini menandai keberlangsungan hubungan bilateral baik antara kedua negara, United Arab Emirates dan Indonesia. “Hubungan antara National Ambulance United Arab Emirates dan Binawan adalah model kemitraan yang hebat dan sukses yang sejajar dengan hubungan strategis United Arab Emirates dengan Republik Indonesia di sektor pemerintahan & bisnis. United Arab Emirates mendorong tenaga medis profesional Indonesia lainnya untuk terus menggapai kesempatan memenuhi permintaan untuk layanan medis darurat dan layanan kesehatan umum di United Arab Emirates.”

Tahun ini Binawan akan memberangkatkan 500 orang perawat profesional Indonesia secara bergelombang sampai dengan Desember 2021 untuk memenuhi permintaan dari National Ambulance UAE dan berbagai rumah sakit di United Arab Emirates, Kuwait, Qatar dan Saudi Arabia. Ini merupakan bagian dari program jangka panjang Binawan Group sampai tahun 2025 untuk menempatkan 22.000 orang tenaga kesehatan Indonesia di Timur Tengah, Jepang, Singapura, Jerman, Kanada, Amerika Serikat, Australia dan New Zealand. Keberhasilan program ini diharapkan akan menjadi sumber devisa bagi negara sebesar Rp 5.7 Triliun per tahun untuk membantu pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan Tenaga Kesehatan dan keluarganya, serta berkontribusi dalam capacity building mutu pelayanan kesehatan di Indonesia.

Program besar penempatan Tenaga Kesehatan tersebut akan dilakukan melalui kerjasama berbagai Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelatihan Tenaga Kesehatan, Lembaga Pelayanan Kesehatan serta Lembaga Penempatan Tenaga Kerja di Indonesia dan Internasional, secara bersama melalui kemitraan dalam lembaga International Healthcare Training Program (IHTP). IHTP akan melakukan rekrutmen Tenaga Kesehatan Indonesia yang berminat untuk bekerja di luar negeri yang kemudian kepada mereka akan diberikan pelatihan untuk memenuhi standar Internasional yang dipersyaratkan.

 

Tahun ini Binawan akan memberangkatkan 500 orang perawat profesional Indonesia secara bergelombang sampai dengan Desember 2021

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News