BKP Kementan Bakal Gelar GPN Untuk Ketiga Kalinya

BKP Kementan Bakal Gelar GPN Untuk Ketiga Kalinya
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi dalam Lokakarya Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) XI di Jakarta, Selasa (3/7). Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (BKP Kementan) bakal menggelar Gelar Pangan Nusantara (GPN) yang ketiga kalinya. Untuk tahun ini, GPN digelar di Jakarta.

Menurut Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi, GPN pertama kali digelar pada 2015 di Padang, Sumatera Barat. Kemudian pada 2016 di Pontianak, Kalimantan Barat.

Sementara untuk GPN tahun ini akan dilaksanakan di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta, pada 27-29 Juli 2018.

Agung mengatakan, GPN 2018 bakal mengusung tema "Pangan Lokal Nusantara Berdaya Saing Global".

Dalam GPN ini akan ada sosialisasi yang berpusat pada daya saing global, kemudian upaya peningkatan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya penganekaragaman konsumsi pangan, serta meningkatkan apresiasi dan eksistensi pangan lokal nusantara.

"Selain untuk mengangkat eksistensi pengembangan pangan lokal, sehingga mampu bersaing dengan produk pangan lainnya secara komersial, tetapi juga sebagai upaya meningkatkan komitmen pemerintah baik pusat maupun daerah dalam mendukung pengembangan industri pangan lokal," kata Agung Hendriadi di Hotel Kartika Chandra, Karet Semanggi, Jakarta, Rabu (25/7).

Kemudian, GPN ini juga dimaksudkan sebagai wadah untuk menunjukkan berbagai hasil pengembangan pangan dan kekuatan pangan lokal dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

"Di tengah banyaknya serbuan pangan dari luar, GPN menjadi sangat penting sebagai salah satu sarana dan bentuk media untuk memperkenalkan produk pangan lokal kepada masyarakat terutama konsumen dan industri pangan, untuk meningkatkan pemasarannya di dalam dan luar negeri," paparnya.

GPN sebagai wadah untuk menunjukkan berbagai hasil pengembangan pangan dan kekuatan pangan lokal dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News