BNPB Siapkan 3.000 Kantong Mayat Hoax

BNPB Siapkan 3.000 Kantong Mayat Hoax
BNPB Siapkan 3.000 Kantong Mayat Hoax

jpnn.com - JAKARTA – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dengan tegas menyatakan, informasi BNPB siapkan 3.000 kantong mayat hanyalah berita bohong semata. Karena hingga saat ini BNPB tidak pernah melakukan hal tersebut. Lembaga penanggulangan bencana ini menurutnya hanya memaksimalkan penanganan bencana, terutama membantu para korban letusan Gunung Sinabung, agar jangan sampai terabaikan.

“Tidak benar itu. Hanya hoax (berita bohong) saja. Sama seperti informasi Gunung Sinabung akan meletus besar. Semua itu hanya hoax. BNPB tidak menyediakan kantong-kantong mayat sebanyak itu. Yang kita siapkan bagaimana kebutuhan dasar pengungsi tercukupi,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Senin (9/12) malam.

Menurut Sutopo, sejak gunung api yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara tersebut meletus beberapa waktu lalu, hingga saat ini aktivitasnya memang masih tinggi. Hal tersebut ditandai dengan gempa vulkanik dan hembusan awan panas yang masih terus terjadi.

Hingga saat ini Sinabing masih bertatus awas dan rekomendasi bagi masyarakat agar tidak berada lima kilometer dari kaki gunung, masih diberlakukan. “Namun tidak bisa diprediksi pasti apakah akan ada letusan besar atau tidak,” katanya.

Sutopo pun kemudian meminta masyarakat untuk tidak mudah terpancing informasi-informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pemerintah menurutnya, tentu akan segera menyampaikan informasi terbaru, jika memang ada kondisi yang dinilai cukup membahayakan masyarakat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, di tengah rasa panik masyarakat yang belum juga dapat kembali ke rumah masing-masing, merebak isu akan adanya letusan susulan yang jauh lebih dahsyat dari Gunung Sinabung. Isu ini cukup meresahkan masyarakat, karena di tengah informasi berita bohong tersebut, diperkuat dengan beredarnya informasi bohong lainnya, bahwa BNPB tengah menyiapkan hingga 3.000 lebih kantong mayat untuk Tanah Karo. Namun sekali lagi Sutopo membantah berita tersebut, dan meminta masyarakat tetap tenang. (gir/jpnn)


JAKARTA – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dengan tegas menyatakan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News