Bobot Foto Kalahkan Berita Tulis

Bobot Foto Kalahkan Berita Tulis
Foto hasil jepretan Andri Ginting yang memenangkan Anugerah Adiwarta 2012.
JAKARTA - Fotografer Sumut Pos (Grup JPNN) Andri Ginting, yang menyabet penghargaan dari Adiwarta 2012 untuk Foto Berita Kategori Olahraga, patut diacungi jempol. Pakar komunikasi dari Charta Politica, Yunarto Wijaya, menilai, jepretan foto Andri yang bertema "Protes Kartu Merah” itu punya kekuatan luar biasa dalam membentuk persepsi masyarakat.

"Itu luar biasa. Foto itu bobotnya jauh lebih tinggi dibanding berita tertulis. Semua segmen masyarakat mampu memahami makna foto itu, tak perlu masyarakat yang rasional," ujar Yunarto Wijaya kepada JPNN, Rabu (5/12).

Dia mengatakan, berita foto sangat berpengaruh untuk saat ini. Pasalnya, budaya membaca belum merata di semua kalangan masyarakat. "Dan foto yang bagus, seperti pemenang Adiwarta 2012 itu, punya daya penetrasi luar biasa ke benak masyarakat yang melihatnya," imbuh dia.

Bahkan, Yunarto yang juga berkecimpung dalam urusan pembentukan opini publik, terang-terangan mengakui, lebih senang jika acara yang digelarnya ditampilkan dalam bentuk foto, dibanding diberitakan secara tertulis.

JAKARTA - Fotografer Sumut Pos (Grup JPNN) Andri Ginting, yang menyabet penghargaan dari Adiwarta 2012 untuk Foto Berita Kategori Olahraga, patut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News