Bolehkah Membersihkan Organ Kewanitaan Menggunakan Tisu Basah?

Bolehkah Membersihkan Organ Kewanitaan Menggunakan Tisu Basah?
Ilustrasi area kewanitaan.

jpnn.com - Mungkin karena tisu toilet tak tersedia atau kurangnya pemahaman, tisu wajah dan tisu basah digunakan sebagai pengganti tisu toilet. Namun, apakah itu aman?

Faktanya, dr. Jesslyn tidak menganjurkan pemakaian tisu wajah untuk area kewanitaan. Pasalnya, ada sebuah studi di Kanada yang menemukan bahwa beberapa jenis tisu wajah memiliki kandungan formaldehida. 

Ini merupakan senyawa dalam ramuan formalin.

“Penggunaan tisu yang mengandung zat tersebut untuk membersihkan organ intim bisa memicu iritasi. Lebih buruk lagi, formaldehida juga dituding berperan dalam mencetuskan kanker,” jelas dr. Jesslyn.

Selain itu, beberapa produk tisu wajah juga mengandung bedak. Bila dipakai untuk membersihkan bagian luar vagina, maka dapat terjadi iritasi, bahkan infeksi.

“Bahkan, beberapa penelitian juga menduga bahwa vagina yang sering dibersihkan dengan tisu wajah yang mengandung bedak berpotensi mengalami kanker,” kata dr. Jesslyn lagi.

Lantas, Bagaimana dengan Tisu Basah?

Ada kemungkinan tisu basah mengandung bahan yang dapat merugikan kesehatan vagina. Lebih lanjut, efek penggunaan produk tersebut dalam jangka panjang pun belum diketahui secara jelas. 

Jangan asal dalam membersihkan organ kewanitaan usai buang air kecil, karena tanpa Anda sadari, hal ini bisa berdampak buruk.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News