Minggu, 21 Juli 2019 – 09:18 WIB

Bolehkan Donor Darah Saat Sedang Puasa?

Kamis, 09 Mei 2019 – 20:42 WIB
Bolehkan Donor Darah Saat Sedang Puasa? - JPNN.COM

Donor darah. Foto: JPG

jpnn.com - Ramadan menjadi bulan yang paling dinanti oleh muslim di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Berkebalikan dengan bahagia yang dirasakan, bulan puasa mungkin menjadi bulan yang paling membuat resah Palang Merah Indonesia dan mereka yang butuh transfusi darah karena sepinya donor darah saat puasa.

Bagaimana tidak, biasanya stok darah menjelang bulan puasa semakin menipis. Bahkan golongan darah yang terbilang jarang seperti AB berpotensi kosong sama sekali di bank darah.

Hal ini terjadi karena banyak yang beranggapan donor darah saat berpuasa tidak diperbolehkan. Bagaimana kebenarannya dari sudut pandang medis?

Prosedur donor darah
Bagi mereka yang sudah rutin mendonorkan darahnya, tentu aktivitas yang satu ini bukan benda asing lagi. Namun, bagi yang baru pertama kali akan melakukan donor darah, tahapan donor wajib menjadi perhatian.

Di awal, sang calon pendonor akan diperiksa fisiknya terlebih dahulu. Pemeriksaan fisik ini bertujuan untuk mengevaluasi berat badan, kondisi umum kesehatan dan juga tekanan darah. Setelah itu, dilakukan pengambilan sedikit darah dari ujung jari untuk mengetahui kadar hemoglobinnya.

Seluruh hasil pemeriksaan ini wajib ada pada kisaran normal. Oleh karena itu, sebelum donor darah, seorang calon pendonor disarankan untuk menjaga betul kesehatannya dengan beristirahat cukup, makan makanan bergizi dan cukup minum air putih. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar banyaknya muncul larangan donor darah bagi seseorang yang sedang menjalani puasa.

Saat puasa, cadangan air dalam tubuh akan berkurang. Nutrisi pun belum tentu sepenuhnya memadai. Pengambilan darah sejumlah 250-350cc saat donor darah dikhawatirkan dapat memengaruhi kondisi kesehatan sang pendonor dan ditakutkan akan membahayakan fisiknya. Kenyataannya, pendapat ini tidak sepenuhnya benar.

Donor darah saat puasa

Pada dasarnya, mendonorkan darah selama berpuasa aman dilakukan oleh orang yang sehat. Akan tetapi, memang ada beberapa hal yang perlu lebih diperhatikan saat donor darah selama puasa, salah satunya adalah pemilihan waktu.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar