BPIP Dorong Mahasiswa jadi Garda Terdepan Implementasikan Nilai Pancasila

BPIP Dorong Mahasiswa jadi Garda Terdepan Implementasikan Nilai Pancasila
Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Dr Karjono mengatakan agar mahasiswa jadi garda terdepan dalam mengimplementasikan Nilai Pancasila. Foto: dok BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Dr Karjono mengatakan agar mahasiswa jadi garda terdepan dalam mengimplementasikan Nilai Pancasila di era kebijakan pemerintah "Merdeka Belajar, Kampus Merdeka" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Karjono memperkenalkan Salam Pancasila, yang digagas oleh Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri.

Salam itu merupakan salam kebangsaan yang diadopsi dari pekik "Merdeka" yang ditetapkan oleh Bung Karno melalui Maklumat pada 31 Agustus 1945.

“Salam Pancasila bukan pengganti salam keagamaan, melainkan sebuah salam kebangsaan yang menyatukan,” katanya saat memberikan pencerahan kepada perwakilan mahasiswa yang terpilih di Indonesia untuk mewakili wilayahnya, Kamis (7/9).

Karjono mengingatkan tidak hanya terbatas pada kecerdasan akademis, melainkan juga mencakup bagaimana menjalani kehidupan dengan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan, termasuk nilai-nilai religius yang memberikan kekuatan dan makna dalam kehidupan.

Dia menjelaskan, kecerdasan tidak hanya terbatas pada aspek IPTEK, melainkan juga mencakup IPTAK, yang merujuk pada budi pekerti dan kecerdasan dalam dimensi religius.

Menurutnya, demokrasi didefinisikan sebagai bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan penting, baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, didasarkan pada suara mayoritas yang diberikan oleh masyarakat dewasa secara bebas.

Hal ini mencerminkan prinsip-prinsip dasar demokrasi, kebebasan berbicara dan hak suara masyarakat menjadi inti dari sistem ini.

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Dr Karjono mengatakan agar mahasiswa jadi garda terdepan dalam mengimplementasikan Nilai Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News