BPK Prioritas Periksa Batubara

BPK Prioritas Periksa Batubara
BPK Prioritas Periksa Batubara
JAKARTA-Pemeriksaan pengelolaan batubara akan menjadi fokus pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada semester II 2008 mengingat sektor tersebut sedang melejit seiring dengan tingginya harga minyak dunia. “Pemeriksaan akan ditekankan pada perhitungan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP, Red) bagi hasil dan PAD sektor pertambangan batubara,” imbuh Ketua BPK Anwar Nasution dalam rapat kerja pimpinan BPK semester II 2008 di auditorium BPK Jakarta, Jumat (25/7).

Lebih lanjut ia mengatakan pemeriksaan akan dilakukan terhadap kontrak-kontrak pengusahaan pertambangan batubara serta dampak kerusakan lingkungan dari pertambangan batubara. Selain pada sektor Migas, pihaknya juga memfokuskan pemeriksaan di semester II pada pemeriksaan migas. “Pemeriksaan migas dilakukan untuk menilai kewajaran harga jual LNG, kewajaran dan pengendalian proses pengadaan minyak mentah dan produk BBM,” katanya sembari menegaskan pelaksanaan Production Sharing Contract (PSC) atas perhitungan bagi hasil yang meliputi lifting dan cost recovery, juga menjadi  bagian dari pemeriksaan.Pemeriksaan tersebut lanjut Anwar merupakan upaya BPK dalam membantu menyelesaikan masalah BBM dan menyelematkan penerimaan dari migas. Selain pemeriksaan terhadap pertambangan batubara, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga menjadi perhatian.

Untuk menilai perhitungan penetapan alokasi BOS per kabupaten atau kota, lanjut Anwar, apakah dana BOS telah diterima oleh yang berhak dalam jumlah waktu dan cara yang tepat serta dipergunakan dengan tepat sesuai petunjuk pelaksanan yang berlaku. Dalam pelaksanaan audit BOS ini, pihak BPK akan bekerjasama dengan Bank Dunia yang menyediakan pembiayaan BOS dalam APBN. (rie/JPNN)

 

JAKARTA-Pemeriksaan pengelolaan batubara akan menjadi fokus pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada semester II 2008 mengingat sektor tersebut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News