BPK RI Sampaikan Taklimat Awal Pengawasan dan Pemeriksaan UO TNI AL

BPK RI Sampaikan Taklimat Awal Pengawasan dan Pemeriksaan UO TNI AL
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) bersama Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara-I BPK RI Dr. Hendra Susanto di Gedung Neptunus, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (14/9). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang diwakili Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara-I BPK RI Dr. Hendra Susanto menyampaikan Taklimat Awal pada pembukaan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Unit Organisasi (UO) TNI AL di Gedung Neptunus, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (14/9).

Kedatangan Hendra Susanto selaku Ketua Tim Wasrik bersama 12 anggota lainnya diterima Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Irjenal, Asrena Kasal, Aslog Kasal, Irben Itjenal, Kadisfaslanal, Kadisadal, Paban IV Progar Srenal dan Paban V Dalpro Srenal dilanjutkan dengan pelaksanaan rapid test.

Tim Wasrik BPK RI akan melaksanakan pemeriksaan atas Belanja Modal tahun 2019 sampai dengan Semester I tahun 2020 Unit Organisasi (UO) TNI AL. Obyek pemeriksaan meliputi Srenal, Slogal, Disadal, Disfaslanal, Dismatal, Dislaikmatal, Diskual, Dissenlekal, Diskomlekal dan Kormar serta pemeriksaan fisik Mako Armada II Surabaya, Dermaga Saumlaki dan Arsenal Batuporon.

Ketua Tim Wasrik Dr. Hendra Susanto dalam taklimatnya menyampaikan bahwa BPK RI dalam melaksanakan pemeriksaan berdasarkan amanat dari Undang-undang Dasar 1945 Pasal 23e yang berbunyi untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara diadakan satu Badan Pemeriksa Keuangan Negara yang bebas dan mandiri.

Kemudian turunannya adalah Undang-undang No. 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang salah satu pasalnya menyatakan bahwa BPK berwenang melakukan pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu selain atas pemeriksaan keuangan yang setiap tahun diterima.

Sementara itu, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengawali sambutannya dengan menyampaikan ucapan terima kasih  atas penilaian opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian  (WTP) pada laporan keuangan Kemhan/TNI Tahun Anggaran 2019 dan menyadari bahwa kehadiran tim BPK ini bertujuan untuk saling berkoordinasi dan saling bertukar pikiran untuk mengetahui sejauh mana perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan terkait pengendalian internal dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan serta pemenuhan terhadap prinsip akuntabilitas dan transparansi laporan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan TNI AL.

“Jajaran UO TNI AL agar segera menindaklanjuti secara sungguh-sungguh semua hasil temuan, arahan dan rekomendasi yang disampaikan oleh Tim BPK, serta selalu berupaya meningkatkan budaya pengawasan melekat secara terus-menerus terhadap penyelenggaraan semua program dan kegiatan di jajaran TNI Angkatan Laut,” tegas KSAL.

Kegiatan tersebut juga diikuti secara virtual oleh Pangkoarmada II, Dankormar, Ses Itjenal, Kadiskomlekal, Kadismatal Kadissenlekal dan Kadiskual di Satuan kerjanya masing-masing.(fri/jpnn)

Kedatangan Hendra Susanto selaku Ketua Tim Wasrik bersama 12 anggota lainnya diterima Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News