Brigjen Rudi Hartono: BNNP Kaltara Menemukan 2 Narkotika Jenis Baru

Brigjen Rudi Hartono: BNNP Kaltara Menemukan 2 Narkotika Jenis Baru
Kepala BNNP Kaltara Brigjen Pol. Rudi Hartono saat rilis akhir tahun di Tarakan, Jumat (30-12-2022). ANTARA/Susylo Asmalyah

jpnn.com - TARAKAN - Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Utara sepanjang 2022 menemukan dua jenis narkotika jenis baru. Salah satu narkoba baru itu jenis liquid (cairan) mengandung tembakau gorila.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Utara Brigjen Rudi Hartono mengatakan narkotika tersebut jumlahnya sedikit, dan alat pengecekan milik BNNP Kaltara tak memadai. Meskipun saat ini jenis masih samar-samar, kata dia, hal itu sangat membahayakan.

"Saya sudah menemukan jenis baru, jujur saja karena barangnya sedikit dan alat milik BNNP Kaltara tidak memadai untuk mengecek, tetapi ada dua jenis. Barang tersebut ditemukan di Tarakan," kata Brigjen Rudi Hartono saat rilis akhir tahun di Tarakan, Kaltara, Jumat (30/12).

Sepanjang 2022, jajaran BNNP bersama Polda Kaltara berhasil mengamankan 187,26 kilogram sabu-sabu, 193,25 gram ganja, dan 7.665 butir pil ekstasi.

"BNNP Kaltara gencar melakukan upaya pemberantasan jaringan sindikat narkotika. Sepanjang 2022, BNNP telah memetakan dua jaringan dan tiga laporan informasi intelijen," ungkap Brigjen Rudi.

Dari jaringan yang telah dipetakan, BNNP Kaltara mengungkap 51 laporan kasus narkotika (LKN) dengan tersangka 27 orang.

Jajaran BNNP Kaltara juga mengamankan barang bukti narkoba untuk jenis sabu-sabu 48,67 kilogram, ganja 193,25 gram, dan ekstasi 94 butir.

Upaya pemberantasan sindikat jaringan narkotika, kata dia, ditindaklanjuti dengan pengungkapan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang bertujuan tujuan memiskinkan para bandar. Sepanjang 2022, BNNP Kaltara mengungkap satu kasus TPPU.

Brigjen Rudi Hartono menyebut BNNP Kaltara menemuka 2 narkotika jenis baru. Barang tersebut ditemukan di Tarakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News