Budiman: Saatnya Jokowi Membangun SDM Imajinatif

Budiman: Saatnya Jokowi Membangun SDM Imajinatif
Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia Budiman Sudjatmiko (putih) di acara diskusi "Siapa Bisa 'Baca' Jokowi", di Menteng, Jakarta, Kamis (20/6). Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia Budiman Sudjatmiko menilai, sudah saatnya bagi Presiden Jokowi untuk membangun sumber daya manusia yang imajinatif. Menurut dia, Jokowi punya cukup modal, baik politik maupun ekonomi untuk mewujudkan mengeksekusi program pembangunan semesta berencana yang fokus pada pembangunan SDM yang imajinatif dan keadilan sosial.

"Pak Jokowi harus berani melakukan terobosan, lahirkan SDM Indonesia yang imajinatif di bidang ekonomi, teknologi, pendidikan, wirausaha dan lainnya," kata Budiman, dalam sebuah diskusi bertajuk "Siapa Bisa 'Baca' Jokowi", di Menteng, Jakarta, Kamis (20/6).

Politikus PDI Perjuangan itu menyampaikan, UU Desa disahkan pada Desember 2013 juga karena keberaniannya mengeksekusi imajinasi sewaktu kecil tentang desa. Saat duduk di Komisi II DPR, Budiman mendorong UU Desa disahkan untuk percepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan.

Adapun Jokowi, menurut Budiman, adalah produk keberanian mengeksekusi imajinasi politik hingga terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta dan Presiden Republik Indonesia.

"Dulu orang tidak kenal Jokowi, awalnya disebut mustahil terpilih, tapi nyatanya sekarang jadi Presiden," ungkap Budiman. Membangun SDM yang kreatif dan imajinatif, tambah mantan aktivis mahasiswa ini, juga sejalan dengan program Revolusi Mental.

Pembangunan infrastruktur yang selama ini jadi fokus Jokowi, dianggap Budiman, sebagai kerja nyata untuk menyelesaikan pekerjaan rumah era Orde Baru. Pada periode kedua, Jokowi harus lebih berani menjalankan program semesta berencana agar pembangunan Indonesia terarah di bawah pemimpin penerusnya kelak.

"Selanjutnya, Pak Jokowi harus bisa mengunci agar penerusnya nanti tidak lepas dari pembangunan semesta berencana itu," kata Budiman. (dil/jpnn)


Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia Budiman Sudjatmiko menilai, sudah saatnya bagi Presiden Jokowi untuk membangun sumber daya manusia yang imajinatif.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News