Bulan, Bayi 5 Bulan Derita Hydrochepalus

Bulan, Bayi 5 Bulan Derita Hydrochepalus
Bulan, Bayi 5 Bulan Derita Hydrochepalus
BANJARNEGARA - Seorang balita penderita hydrocephalus, Bulan Anugerah (5 bulan), tergolek di pangkuan sang bunda. Mereka tinggal di Desa Sikumpul RT 01/1 Kecamatan Kalibening, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kondisi perekonomian yang memprihatinkan, semakin memperburuk kesehatan anak pasangan Toha Yahya (28) dan Surina (27) itu.

Dari hasil pemeriksaan tim dokter, Bulan menderita penumpukan cairan di kepala atau biasa disebut hydrocephalus. Namun karena keterbatasan biaya, Bulan hanya bisa dirawat seadanya. Ayahnya, Toha, hanya bekerja di sebuah bengkel dengan penghasilan di bawah Rp 20 ribu per hari.

Dikatakan Surina, kelainan yang terjadi pada buah hatinya itu terjadi saat Bulan berusia 3 bulan. Saat itu anaknya mendadak panas. Merasa khawatir, dia membawa anak ketiganya tersebut ke Puskesmas Kalibening. Saat itu, dokter yang memeriksa Bulan meminta Bulan dirujuk ke RSUD Banjarnegara.

Dari situlah pihak keluarga baru tahu kalau Bulan menderita penumpukan cairan di kepala atau hydrocephalus. "Hasil pemeriksaan dokter katanya kena hydrocephalus, dan saya disarankan untuk ke rumah sakit yang lebih besar," kata Surina, Rabu (4/8) kemarin.

BANJARNEGARA - Seorang balita penderita hydrocephalus, Bulan Anugerah (5 bulan), tergolek di pangkuan sang bunda. Mereka tinggal di Desa Sikumpul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News