Bumil, ini Cara Menjaga Pola Makan Agar tidak Kegemukan

Bumil, ini Cara Menjaga Pola Makan Agar tidak Kegemukan
Perempuan mengandung. Foto: thebreastcancer

jpnn.com - Tak hanya wanita biasa, ibu hamil juga harus menjaga pola makan agar tubuhnya bisa tetap terjaga dan tidak mengalami obesitas usai melahirkan.

Di sisi lain, membatasi asupan makanan ke dalam tubuh justru bisa membahayakan calon bayi Anda.
Suatu penelitian yang diterbitkan di jurnal Obstetrics & Gynecology menyebutkan bahwa wanita hamil yang berat badannya naik melebihi yang dianjurkan, 50 persen berisiko lebih tinggi untuk mengalami diabetes gestasional (diabetes saat hamil).

Selain itu, menjadi obesitas saat hamil dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi lahir cacat, gangguan pada jantung bayi, peningkatan tekanan darah (hipertensi), preeklamsia, infeksi, gangguan tidur, dan sebagainya.

"Hal yang terpenting saat hamil adalah perhatikan pola makan," katanya.

Persepsi yang salah adalah ketika hamil berarti ibu harus makan dua porsi karena sedang berbadan dua. Untuk mendapatkan peningkatan berat badan yang sehat, Anda cukup menambahkan 20 gr ekstra protein dan 300 kalori untuk ekstra energi.

Untuk menghindari berat badan yang meningkat tajam, berikut kiat-kiat lainnya:

- Makan porsi kecil, tapi sering.

- Ganti lemak yang tidak sehat (seperti mentega) dengan lemak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun.

Obesitas saat hamil dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi lahir cacat, gangguan pada jantung bayi, peningkatan tekanan darah dan sebagainya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News