Bungkamnya Ba'asyir Tak Akan Sulitkan Kejaksaan

Dalam Menyusun Surat Dakwaan

Bungkamnya Ba'asyir Tak Akan Sulitkan Kejaksaan
Bungkamnya Ba'asyir Tak Akan Sulitkan Kejaksaan
JAKARTA - Sikap Abu Bakar Ba'asyir yang tetap bungkam dalam menghadapi pemeriksaan penyidik kepolisian dipastikan takkan mengganggu kerja kejaksaan saat menyusun surat dakwaan nanti. Meski tak ada satupun keterangan terlontar dari Ba'asyir, sesuai Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dakwaan kasus terorisme tetap dinyatakan sah untuk dilimpahkan dan disidangkan.

"Jaksa hanya cari identitasnya. Yang katakan dia (Ba'asyir) bersalah adalah saksi dan alat bukti," kata Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) Babul Khoir, Kamis (12/8).

Menurut Babul, sikap bungkam Ba'asyir merupakan hak sebagai tersangka dan tak bisa dipaksakan. Sama halnya jika seseorang menolak ditahan, lanjut Babul, maka kejaksaan tinggal membuat berita acara penolakan, sedangkan penahanan tetap dijalankan dan sah secara hukum.

Untuk kasus Ba'asyir sendiri, hingga Kamis sore ini kejaksaan belum menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari kepolisian. "Mungkin karena baru (kasusnya terungkap)," tambah mantan Wakajati Sumatera Utara ini.

JAKARTA - Sikap Abu Bakar Ba'asyir yang tetap bungkam dalam menghadapi pemeriksaan penyidik kepolisian dipastikan takkan mengganggu kerja kejaksaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News