Bupati Minta Seluruh Proyek Tuntas Sebelum Akhir Tahun

Bupati Minta Seluruh Proyek Tuntas Sebelum Akhir Tahun
Bupati saat sidak kemarin. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Hingga kemarin (20/12), lumayan banyak proyek Pemkab Sidoarjo yang belum selesai. Padahal tahun anggaran 2018 hanya tinggal menyisakan hitungan hari. Beberapa di antaranya adalah proyek peningkatan jalan dan pembangunan sekolah.

Temuan itu juga terungkap saat Bupati Saiful Ilah melakukan inspeksi mendadak (sidak) kemarin. Sidak bupati tersebut mulai pukul 12.00. Saiful beserta rombongan menuju lokasi pertama. Yakni, pembangunan rumah dinas Kapolresta dan Wakapolresta. Lokasinya berada di Jalan Kombespol M. Duryat. Bangunan hunian itu sudah hampir selesai. 

''Tinggal tahap penyelesaian,'' kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo Sigit Setyawan saat mendampingi bupati. 

Setelah itu, rombongan berlanjut ke lokasi proyek peningkatan Jalan Raden Patah. Pemkab meninggikan dan membangun saluran air di sisi jalan. Maklum, setiap tahun akses tersebut sering terendam. Ketinggian genangan air bisa mencapai 30 cm. Karena itu, jalan dinaikkan setinggi 50 cm dengan panjang sekitar 300 meter. Konstruksinya menggunakan beton cor. Pembangunan saluran air sudah hampir tuntas. Namun, jalan belum dibeton. ''Ini harus segera tuntas,'' ucap Saiful.

Selepas memantau Jalan Raden Patah, Saiful mengarah ke Jalan Gajah Mada. Saiful memantau penuntasan proyek pembangunan sentra PKL Gajah Mada. Rencananya, lokasi itu menjadi tempat relokasi pedagang. Sebanyak 84 pedagang bakal menempati lahan tersebut. ''Saya minta pada Desember sudah soft launching. Tahun depan grand opening,'' tegasnya. 

Proyek di Jalan Kutuk, Sidokare, juga disidak. Bupati ingin melihat pembangunan SDN Sidokare II. Sekolah itu memang langganan banjir. Pemkab membongkar empat kelas. Lalu, bangunan ditinggikan. ''Ini masih 50 persen,'' ungkapnya.

Setelah sidak, Saiful meminta pekerjaan selesai sebelum akhir tahun. Proyek yang tidak tuntas tentu menimbulkan kerugian. Tidak hanya bagi pemkab, tetapi juga warga. Misalnya, pengerjaan sekolah. ''Kalau tidak selesai, kan proses belajar-mengajar terganggu. Saya akan memantau seluruh pembangunan fisik. Yang jelas, akhir tahun harus selesai,'' ujarnya. (aph/c20/hud) 

Proyek yang tidak tuntas tentu menimbulkan kerugian. Tidak hanya bagi pemkab, tetapi juga warga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News