Bursa Calon Menkeu, Anny Ratnawati Menguat

Bursa Calon Menkeu, Anny Ratnawati Menguat
Bursa Calon Menkeu, Anny Ratnawati Menguat
JAKARTA - Dirjen Anggaran Kemenkeu Anny Ratnawati mulai moncer dijagokan menjadi calon Menteri Keuangan pengganti Sri Mulyani Indrawati. Sinyal ia akan menjadi kandidat orang nomor satu di lapangan banteng semakin kuat. Anny kemarin menyempatkan diri hadir dalam acara perpisahan Sri Mulyani dengan para wartawan di rumah dinas Menkeu, Jalan Widya Chandra Jakarta. Selain Anny, pejabat eselon 1 yang hadir adalah Sekjen Mulia P. Nasution, Ketua Bapepam-LK A. Fuad Rahmany, dan Dirjen Perimbangan Keuangan Mardiasmo.

Anny kemarin datang terlambat. Saat ia datang, Sri Mulyani Indrawati sudah mulai berpidato. Karena sofa tempat duduk para pejabat eselon 1 sudah penuh, Sri Mulyani mempersilakan Anny duduk satu sofa dengan dirinya dan Sekjen Kemenkeu Mulia Nasution. "Silakan Bu Anny.. Bu Anny duduk di situ..," kata Sri Mulyani sambil tersenyum-senyum, lalu disambut tepuk tangan para wartawan. "Tanda-tanda itu..," seloroh Sri Mulyani. Anny hanya tersipu.

Saat ditanya apakah benar ia telah siap menggantikan Sri Mulyani, Anny tak mau berkomentar. "Amien. Duduknya saja kan?," canda Anny yang kini juga menjabat sebagai Komisaris PT Pertamina tersebut. Doktor ekonomi pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut masuk jajaran pejabat papan atas kementrian keuangan saat menggantikan Achmad Rochjadi yang meninggal dunia pada Juni 2008. Sebelumnya, di kementrian keuangan (dulu departemen keuangan) Anny menjabat Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Saat SBY menggondol gelar doktor di IPB, Anny adalah salah satu penguji desertasinya.

Kans Anny untuk menjadi Menkeu menguat setelah Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan bahwa pelantikan Menkeu akan dibarengkan dengan wakil menkeu. Saat ini, nama Anggito Abimanyu -yang juga kandidat wakil menkeu- masih tercatat di Seskab sebagai calon wakil menkeu. Anggito sempat akan dilantik menjadi wakil menkeu tapi gagal karena belum bereselon 1A. Kini, Anggito yang masih menjabat Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) tersebut sudah mengantongi syarat eselon 1A.

JAKARTA - Dirjen Anggaran Kemenkeu Anny Ratnawati mulai moncer dijagokan menjadi calon Menteri Keuangan pengganti Sri Mulyani Indrawati. Sinyal ia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News