BURT Studi Banding ke Luar Negeri

BURT Studi Banding ke Luar Negeri
BURT Studi Banding ke Luar Negeri
JAKARTA- Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI berencana melakukan  studi banding ke parlemen tiga negara, Australia, Irlandia, dan Afrika Selatan. Studi banding tersebut, untuk mendapatkan gambaran strategis untuk meningkatkan kualitas kelembagaan DPR RI.  Menurut Ketua BURT DPR Indria Octavia Muaja saat buka puasa bersama di Jakarta, Sabtu petang, kunjungan anggota DPR itu dipecah dalam tiga delegasi ketiga negara yang berbeda pada minggu ketiga dan keempat September ini.

"Baik pimpinan dan anggota BURT sudah mengerjakan pekerjaan rumah sendiri sebelum mempelajari pekerjaan parlemen negara lain," katanya.

Ditegaskannya bahwa masing-masing delegasi akan mendalami bagaimana ketiga parlemen tersebut dalam menyusun indikator kinerja, menyusun dan mengelola anggaran parlemen yang sesuai dengan karakteristik kerja parlemen.

Selain itu, fokus kunjungan adalah untuk mempelajari pengelolaan sistem kepegawaian pendukung kinerja Dewan dan memahami bagaimana pelaporan semua kegiatan parlemen secara luas kepada publik.  Terkait dengan rencana itu, menurut Indria, komunikasi ke parlemen negara yang akan dituju telah dilakukan untuk menjamin efisien dan efektifnya kunjungan kerja mereka.

Diharapkan melalui kunjungan kerja tersebut, BURT DPR menghasilkan rekomendasi terhadap upaya perbaikan kinerja DPR, termasuk dalam menyelesaikan rencana strategis DPR RI periode 2009-2014.  Rencana strategis ini sangat penting sebagai acuan bagi rencana-rencana kerja tahunan yang selanjutnya menjadi basis penentuan penyediaan SDM maupun finasial setiap tahunnya.  "Hasil kunjungan kerja ketiga delegasi akan dilaporkan kepada publik setelah semua delegasi itu kembali ke tanah air," ujarnya. (fas)

JAKARTA- Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI berencana melakukan  studi banding ke parlemen tiga negara, Australia, Irlandia, dan Afrika


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News