Calon Anggota KPU-Bawaslu Ini Dinilai Mumpuni

Calon Anggota KPU-Bawaslu Ini Dinilai Mumpuni
Djohermansyah Djohan. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin mengatakan, dari 36 nama calon anggota KPU dan 22 calon anggota Bawaslu periode 2017-2022 yang lolos seleksi tahap dua, terdapat sejumlah nama yang pantas diajukan oleh tim seleksi pada Presiden Joko Widodo, untuk nantinya dipilih oleh DPR.

"Beberapa nama calon anggota KPU itu misalnya Muchamad Ali Safa'at (pakar hukum tata negara), Ilham Saputra (mantan Anggota KIP Aceh), Muhammad (Ketua Bawaslu), Pramono Ubaid Thantowi (Ketua Bawaslu Banten), Djohermansyah Djohan (Pakar Otonomi Daerah) dan Sumarno (Ketua KPU DKI Jakarta)," ujar Said, Jumat (23/12).

Sementara beberapa nama calon anggota Bawaslu yang pantas diajukan kata Said, antara lain Abhan (Ketua Bawaslu Jawa Tengah), Mochammad Afifuddin (Mantan Koordinator Nasional JPPR), Abdullah (Peneliti ICW), dan Rahmat Bagja (Tim Ahli Pokja DKPP).

"Mereka memiliki integritas, pribadi yang kuat, memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu, serta dapat diharapkan berlaku jujur dan adil, apabila diberikan tanggungjawab sebagai penyelenggara pemilu," kata Said.

Selain nama-nama tersebut, Said menilai masih terdapat sejumlah nama lain yang cukup potensial. Terutama nama calon perempuan, yang mutlak harus ada untuk dipilih DPR.

"Setelah proses pencermatan terhadap seluruh profil calon selesai, nantinya kami akan merekomendasikan 14 nama calon Anggota KPU dan sepuluh nama calon Anggota Bawaslu yang layak diajukan ke DPR," pungkas Said. (gir/jpnn)


JAKARTA - Direktur Eksekutif Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin mengatakan, dari 36 nama calon anggota KPU dan 22


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News