Calon Menteri Harus Diuji Publik

Calon Menteri Harus Diuji Publik
Calon Menteri Harus Diuji Publik
JAKARTA--Teka-teki siapa yang bakal dipercaya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk duduk pada kabinet periode 2009-2014, masih terus menggelinding. Sampai saat ini Presiden masih menggunakan mekanisme  tertutup untuk memilih para pembantunya menjalankan roda pemerintahan mendatang.

Pengamat Politik Andrinof A Chaniago mengatakan, sudah saatnya pada pemerintahan SBY kali ini dalam pemilihan menteri harus terbuka. Sebab, selama ini pemilihan menteri berlangsung secara tertutup dari masa Presiden Soeharto, bahkan Soekarno.

"Pilihan menteri ini baiknya dijalankan seperti pemilihan caleg. Yaitu diumumkan dulu kepada masyarakat, untuk dinilai cocok atau tidak, dan kemudian ada masa untuk sanggahannya bagi yang keberatan," terangnya saat ditemui di Jakarta.

Masa pengumuman dan sanggahan itu sebaiknya tidak perlu lama-lama karena mereka harus cepat bekerja. Menurutnya, ini penting dilakukan sebagai pembelajaran demokratisasi dalam pemerintahan. Masyarakat juga harus mendapatkan peran dalam menentukan kabinet selanjutnya. (mas/JPNN)

JAKARTA--Teka-teki siapa yang bakal dipercaya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk duduk pada kabinet periode 2009-2014, masih terus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News