Campur Foundation untuk Hasil Lebih Natural

Campur Foundation untuk Hasil Lebih Natural
Barry saat memberi tutorial make up. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Make-up artist (MUA) Barry Irawan yang dipercaya merias Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo, saat pernikahan, kemarin hadir di Surabaya. Dia berbagi ilmu dalam acara Ultima II Beauty Gathering. Tema yang diangkat adalah Playful Foundation untuk seni merias pengantin.

Barry sengaja mempersiapkan dua tampilan untuk dua model yang berbeda. Model pertama digarap dengan gaya pengantin internasional. Model kedua dikemasnya dengan lebih natural khas Indonesia. ''Salah satu perbedaan signifikannya bukan di teknik. Tapi, aplikasi warnanya," ujar Barry dari atas panggung.

Model bergaya internasional dia pulas dengan gradasi warna kecokelatan dan nude. Model kedua yang terlihat anggun mengenakan gaun semi-kebaya didandani lebih natural, tapi tetap berani bermain aneka warna. Misalnya, warna hijau untuk underline serta warna oranye dan ungu shimmer pada kelopak mata.

Bagi Barry, salah satu teknik yang paling penting dalam menghasilkan riasan yang rata sempurna adalah pembauran. Ketelatenan dan ketelitian memilih warna juga harus diperhatikan. Nah, supaya warna complexion pas, Barry biasa mencampur beberapa level warna foundation untuk menghasilkan shade yang sesuai dengan tone kulit klien.

Barry menyebutnya dengan the art of mixing foundation. ''Kuncinya, campur dari warna terang dulu, baru ditetesi warna lebih gelap. Terus cari basis bahan yang sama. Foundation oil-based atau water-based," terang Barry dalam event yang berlangsung di Ballroom Hotel JW Marriott pada Kamis siang (22/11) itu.

MUA yang berbasis di Jakarta tersebut juga memberikan saran untuk menghasilkan make-up yang lebih natural, tapi tetap manglingi alias bikin pangling.

Salah satunya, mengaplikasikan warna-warna jreng dengan metode layering. Misalnya, eye shadow, harus telaten mengaplikasikan warna gelap sebagai penyeimbang di tiap lapisan supaya ada dimensi dalam kelopak mata. (via/c7/tia)

Bagi Barry, salah satu teknik yang paling penting dalam menghasilkan riasan yang rata sempurna adalah pembauran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News