Cara Mentan Syahrul Wujudkan Kabupaten Jeneponto Jadi Sentra Pertanian dan Peternakan Berkualitas

Cara Mentan Syahrul Wujudkan Kabupaten Jeneponto Jadi Sentra Pertanian dan Peternakan Berkualitas
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan keinginannya untuk mewujudkan Kabupaten Jeneponto menjadi sentra pertanian dan peternakan berkualitas. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan keinginannya untuk mewujudkan Kabupaten Jeneponto menjadi sentra pertanian dan peternakan berkualitas.

Hal itu diutarakan SYL saat menghadiri kegiatan pelayanan ternak terpadu pada Program Prioritas Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) di Desa Bontomanai, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Di sana, SYL memantau pengembangan sapi kerbau siap jual yang memiliki bobot berat diatas rata-rata. Karena itu, kata SYL, pemerintah akan mendorong Kabupaten tersebut menjadi salah satu kabupaten sentra ternak berkualitas.

"Saya ingin di semua Desa di Jeneponto ada pertanian yang bisa berproduksi 2 kali lipat. saya juga minta agar jajaran kementan membantu semua proses pembangunan pertanian di daerah ini agar menjadi sektor pertanian dan peternakan untuk pemenuhan pangan dalam negeri dan ekspor," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (16/4).

Selain ternak, SYL mengatakan kementan akan memberi bantuan berupa pengembangan kebun kopi, perkebunan pisang, bibit kuda, dan anakan kerbau yang bisa dikembangkan untuk pemenuhan pasar nasional.

"Kementan akan mendorong perkebuban kopi, pisang, bibit kuda dan kerbau untuk Jeneponto. Sebab saya lihat hari ini Jeneponto makin baik dan sudah memperlihatkan tren yang bagus. Jadi tanaman padinya jalan, jagung jalan, sayur jalan dan buah buahan juga jalan," beber dia.

Namun di samping itu, SYL berharap petani dan peternak Jeneponto mau menggunakan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian sebgaai kekuatan modal dalam menjalankan usaha tani yang jauh lebih baik.

"Pertanian disini sudah bagus, kegiatan pertamanya tetap bertani namun pada kegitan keduanya masyarakat berternak. Nah ke depan kita akan tambah dengan berkebun," kata dia.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan keinginannya untuk mewujudkan Kabupaten Jeneponto menjadi sentra pertanian dan peternakan berkualitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News