Jumat, 23 Agustus 2019 – 00:44 WIB

Cara Pemerintah Genjot Kualitas Guru

Rabu, 14 Agustus 2019 – 11:13 WIB
Cara Pemerintah Genjot Kualitas Guru    - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus menggencarkan program peningkatkan kualifikasi pendidikan, kompetensi dan keterampilan guru, serta tenaga kependidikan.

Program penghargaan juga diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan berprestasi serta berkarya melalui berbagai lomba-lomba seperti Inovasi Pembelajaran (Inobel) dan Olimpiade Guru (OGN).

"Semua program itu diharapkan akan timbul upaya pembaruan dan inovasi dalam proses pembelajaran," kata Dirjen GTK Kemendikbud Supriano dalam pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi, Selasa (13/8).

BACA JUGA: 908 Guru Berlomba Menunjukkan Kreativitas Mengajar

Beragam stimulan lain juga terus diberikan agar guru mampu mengajari dan membimbing peserta didik menguasai lima potensi dasar abad ke-21.

Yaitu kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif, komunikatif, bekerja sama, dan berkolaborasi, serta mampu menghadirkan sebuah kepercayaan diri.

Salah satunya adalah perubahan pola pelatihan berbasis zonasi yang dikembangkan saat ini untuk mendorong penguatan guru oleh rekan sejawatnya.

"Kini, pendidikan dan pelatihan guru akan berbasis kebutuhan dan dapat menjangkau lebih banyak guru karena tidak lagi terpusat yang sering terkendala waktu, jarak, dan biaya," terangnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar