Cara Pernapasan yang Tepat Saat Olahraga

Cara Pernapasan yang Tepat Saat Olahraga
Ilustrasi Olahraga.

jpnn.com - Bernapas merupakan sebuah kegiatan alami yang dilakukan di bawah alam sadar.

Bernapas dengan tepat saat berolahraga akan membantu menyalurkan oksigen ke sel-sel otot yang membutuhkan, sehingga sel-sel otot mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Teknik pernapasan yang tepat berguna agar olahraga yang Anda lakukan berlangsung secara aman, nyaman, dan efektif. Selain itu, pernapasan yang tepat saat melakukan latihan fisik juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, kemampuan untuk relaksasi, membantu menghalau distraksi dan tetap fokus, serta membantu mencegah cedera.

Seperti yang telah Anda ketahui, berolahraga secara rutin bisa meningkatkan kualitas hidup. Agar tubuh tetap sehat dan bugar, disarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang selama 30 menit, lima kali per minggu.

Berbagai jenis olahraga yang bisa menjadi pilihan antara lain zumba, jalan cepat, bersepeda, lari, berenang, badminton, basket, dan olahraga angkat beban.

Teknik pernapasan yang tepat saat berolahraga

Saat bernapas, oksigen akan dihirup melalui saluran napas dan akan dibawa ke sel darah merah untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Selain itu, produk sisa seperti karbon dioksida akan dikeluarkan dari tubuh.

Ketika Anda berolahraga, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dan memproduksi lebih banyak pula karbon dioksida. Oleh karena itu, teknik pernapasan yang tepat sangatlah penting agar karbon dioksida yang dihasilkan dapat dibuang.

Teknik pernapasan yang tepat berguna agar olahraga yang Anda lakukan berlangsung secara aman, nyaman, dan efektif.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News