Cari Teman untuk Dijadikan Korban

Cari Teman untuk Dijadikan Korban
Cari Teman untuk Dijadikan Korban

jpnn.com - SURABAYA - Sosok seperti Farid Fadil, 19, tidak layak menjadi kawan. Warga Jalan Bolodewo itu mencari teman hanya untuk menjadi sasaran pencurian kendaraan bermotor. Sudah ada tiga teman yang menjadi korban dengan modus sama.

Tiga korban itu tinggal di kawasan Semampir. Mereka melaporkan kasus tersebut ke Polsek Semampir. Laporan itu pun ditindaklanjuti dengan pencarian. Sampai-sampai Fadil menjadi buron sejak sepuluh bulan lalu.

Pencarian Fadil membuahkan hasil. Dia ternyata kembali nongol di tempat tinggalnya. Padahal, polisi sejak lama menyanggongnya. “Saya pindah-pindah,” kata Fadil saat ditanya tentang keberadaannya selama ini.

Remaja penghobi modifikasi motor itu mengaku salah atas perbuatannya. Dia sengaja memanfaatkan hubungan pertemanan untuk melancarkan aksinya. Modusnya, dia meminjam sebentar sepeda motor temannya. Selama dipinjam itu, tersangka menggandakan kunci motor.

Kunci ganda tersebut diberikan ke komplotannya yang diketuai Mat Benong. Nama terakhir itu kini mendekam di penjara karena tertangkap polisi lebih dahulu. Dengan kunci ganda tersebut, tersangka tak sulit mencuri motor. Cukup dengan memanfaatkan kelengahan korban dan mengambil motor tanpa harus membobol dengan menggunakan kunci T seperti dilakukan pencuri kebanyakan.

Cara tersebut cukup efektif dan aman. Apalagi Fadil bisa sekaligus cuci tangan agar tidak terungkap bahwa dirinya terlibat dalam pencurian tersebut. Dia pun tetap berhubungan seperti biasanya dengan teman yang menjadi korban pencurian. “Kalau pas kumpul ya ikut kumpul,” ucapnya.

Keberhasilan itu membuatnya ketagihan. Cara tersebut diulangi terhadap dua teman lain. Modusnya sama, meminjam motor sebentar, lalu menggandakan kuncinya. Kelompok pencurian tersebut memiliki alat pengganda kunci sendiri. Karena itu, ketika ada motor pinjaman, kuncinya bisa digandakan sewaktu-waktu.

Polisi menduga tersangka melakukan aksi tersebut ke banyak korban. Sebab, pelaku memiliki banyak teman, khususnya di dunia modifikasi motor. Mereka biasanya kongko malam di tempat tertentu. Momen itulah yang digunakan untuk meminjam motor.

SURABAYA - Sosok seperti Farid Fadil, 19, tidak layak menjadi kawan. Warga Jalan Bolodewo itu mencari teman hanya untuk menjadi sasaran pencurian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News