Catat, Kabareskrim Beber 9 Cara Hindari Aksi Peretasan Email, Tetap Waspada

Catat, Kabareskrim Beber 9 Cara Hindari Aksi Peretasan Email, Tetap Waspada
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo di Bareskrim Polri. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bareskrim Polri telah mengungkap sindikat Internasional Indonesia-Nigeria terkait penipuan bermodus peretasan pada email di perusahaan Althea Italy asal Italia yang tengah melakukan pembelian peralatan medis yakni ventilator COVID-19.

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo pun memaparkan sembilan langkah ampuh untuk menghindari dari upaya peretasan email dari orang-orang tak bertanggung jawab.

"Setidaknya ada sembilan langkah yang perlu dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya peretasan Email," kata Listyo dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (8/9).

Jenderal bintang tiga ini mengatakan, seluruh masyarakat, lembaga dan perusahaan juga bisa melakukan konsultasi kepada jajaran Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri terkait dengan pencegahan peretasan email atau lainnya.

"Untuk upaya pencegahan peretasan email, masyarakat bisa melakukan konsultasi dengan jajaran Direktorat Siber Bareskrim Polri," tambah mantan Kapolda Banten ini.

Adapun sembilan langkah yang bisa mencegah peretasan Email terjadi, yakni;

1. Lengkapi pemeriksaan keamanan akun email secara rutin di Pemeriksaan Keamanan. Kemudian dapat menambahkan nomor ponsel dan alamat email pemulihan akun, serta mengaktifkan verifikasi dua langkah (two step verification). Tambahkan juga perintah ponsel, pasang Google Authenticator (apabila email Gmail) , menyiapkan nomor ponsel cadangan, dan menyiapkan rangkaian kode cadangan.

2. Membuat kata sandi yang rumit agar menjaga akun tetap aman. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun agar apabila ada satu akun yang terjadi peretasan, akun lain tidak mengalami peretasan. Sebaiknya gunakan kata sandi yang dapat diingat dengan baik dan tidak membagikan akun kepada pihak lain, misalnya melakukan jual-beli akun dan sebagainya.

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo memberikan sembilan tips agar terhindar dari aksi peretasan email.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News