Catatan Profesor tentang Nilai Plus Adian Napitupulu

Catatan Profesor tentang Nilai Plus Adian Napitupulu
Anggota DPR Fraksi PDIP Adian Napitupulu. Foto: dokumen JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Universitas Trisakti  Prof Dadan Umar Daihani menilai politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu sangat kredibel untuk menjadi menteri pada kabinet Joko Widodo - Ma’ruf Amin. Tenaga profesional di Lemhanas itu mengatakan, Adian bisa mewakili para aktivis 1998 dalam pemerintahan mendatang.

"Intinya, Adian memiliki sosok kepemimpinan yang bagus. Belasan tahun menjadi aktivis membentuk dirinya untuk secara cepat dan berani mengeksekusi keputusan dan lima tahun menjadi anggota DPR mematangkannya secara politik," ujar Dadan saat dihubungi, Sabtu (6/7).

Lebih lanjut Dadan menceritakan keunikan gerakan mahasiswa 1998 dibanding angkatan lain yang pernah mengemuka di Indonesia. Menurutnya, ada kepemimpinan yang kolegial dalam aktivis mahasiswa 1998.

Dadan juga menilai Adian sebagai sosok yang cukup konsisten. Menurutnya, legislator PDIP itu masih bergerak mendorong para aktivis.

BACA JUGA: Beredar Surat Minta Jokowi Angkat Adian Napitupulu jadi Menteri 

“Dia mampu memotivasi kawan-kawannya untuk konsisten dan bergerak. Kemudian teman-teman melihat, oke deh kita dorong Adian jadi lokomotif 98, tetapi tentu saja kepemimpinan tetap kolegial bersama teman-temannya," ucap Dadan. 

Selain itu, kata Dadan, kelebihan Adian adalah mampu menyederhanakan narasi politik. Karena itu Adian bisa memberikan penjelasan tentang gejala-gejala politik agar dimengerti banyak orang.

“Kelebihannya, mampu menerjemahkan kerumitan menjadi sebuah narasi sederhana,” ulas Dadan.

Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu dinilai sangat kredibel untuk menjadi menteri pada kabinet Joko Widodo - Ma’ruf Amin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News