Caxirola Dilarang Bersuara di Piala Konfederasi

Caxirola Dilarang Bersuara di Piala Konfederasi
Caxirola Dilarang Bersuara di Piala Konfederasi
SAO PAULO - Piala Konfederasi yang digelar dua pekan lagi bakal sepi. Bukan lantaran tidak ada penonton yang datang ke stadion, melainkan karena ada larangan bagi suporter membawa caxirola. Caxirola adalah trompet seperti vuvuzela di Afrika Selatan.

Presiden Brasil Dilma Rousseff sebetulnya sudah merestui caxirola sebagai salah satu instrumen di stadion pada Piala Dunia 2014. Namun, kemarin Menteri Hukum Brasil Jose Eduardo Cardozo mengeluarkan larangan. Dilansir dari Associated Press, Cardozo menyerukan agar caxirola dilarang bersuara alias tidak boleh dibawa ke stadion selama Piala Konfederasi.

Cardozo menyebutkan, keputusan itu sudah melalui analisis teknis yang terkait dengan keamanan penyelenggaraan event. ''Dengan mempertimbangkan masalah keamanan publik, caxirola tidak memadai untuk digunakan dalam stadion. Studi teknis sudah kami kirim ke penyelenggara Piala Dunia,'' ujarnya.

Pelarangan caxirola itu berkaitan erat dengan insiden di liga domestik Brasil. Dalam laga Vitoria kontra Bahia pada 28 April lalu, pendukung Bahia yang kecewa melemparkan lusinan caxirola ke lapangan. Sekalipun tidak ada korban, insiden itu masuk rapor merah Brasil sebelum Piala Dunia. (ren/c13/bas)


SAO PAULO - Piala Konfederasi yang digelar dua pekan lagi bakal sepi. Bukan lantaran tidak ada penonton yang datang ke stadion, melainkan karena


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News