Cerita Mandla Maseko, Kulit Hitam Afsel Pertama yang Akan Melintasi Orbit

DJ yang Sukses Kalahkan Jutaan Peserta dengan Lewati Seleksi Superberat

Cerita Mandla Maseko, Kulit Hitam Afsel Pertama yang Akan Melintasi Orbit
Foto: The Citizen

jpnn.com - Seorang DJ berusia 25 tahun asal Afrika Selatan (Afsel) menjadi orang hitam Afrika pertama yang bakal melesat ke luar angkasa. Bersama 23 orang lain yang memenangkan kursi perjalanan sejam melintasi orbit pada 2015, Mandla Maseko mengisahkan cara dirinya bisa mengalahkan jutaan orang untuk mendapat kursi tersebut.

= = = = =

"SAYA ingin mengalahkan hukum gravitasi dan menciptakan sejarah sebagai orang Afrika Selatan yang mengunjungi luar angkasa," kata Maseko mengenai alasan keinginannya untuk merasakan atmosfer luar angkasa.

Dia menjelaskan, saat melihat iklan kompetisi jalan-jalan ke luar angkasa di TV lokal, dirinya langsung terpacu. Semua persyaratan dipenuhi Maseko. Salah satu syarat yang diminta penyelenggara adalah foto peserta.

Karena itu, Maseko tidak mau biasa. "Saya mengirim foto sedang lompat di mana-mana dengan teman saya yang mengambil gambarnya. Jadi, saya seolah tengah melayang," kenangnya dalam BBC yang dilansir kemarin.

Ada beberapa tahap untuk bisa memenangkan kompetisi tersebut. Salah satu tahap yang diingat Maseko adalah peserta mengunjungi kompleks luar angkasa lokal di Parys, Free State, Afrika Selatan. Saat itu ada 30 orang dari Afrika Selatan yang lolos tahap tes.

"Kami harus melakukan tiga tantangan. Dua di antaranya sangat penting. Pertama, menyelam di kedalaman 3.048 meter dan kedua masuk vomit comet," jelasnya.

Vomit comet adalah ruangan yang mengharuskan peserta berdiri menempel di dinding. Ruangan tersebut kemudian berputar-putar kencang sampai di satu titik lantai tempat peserta berdiri lenyap. "Anda seolah tertempel di tembok dengan kekuatan putaran itu. Tugas kami adalah mengambil lima bendera di kaki dan meletakkannya di atas kepala secepatnya setelah ruang berhenti berputar," ujarnya.

Seorang DJ berusia 25 tahun asal Afrika Selatan (Afsel) menjadi orang hitam Afrika pertama yang bakal melesat ke luar angkasa. Bersama 23 orang lain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News