Cerita Pertemuan Keluarga Abdoel Manap-Abdoel Hamid setelah Terpisah selama 70 Tahun

Gara-gara Ganti Nama Jadi Ketut Ida Suprata

Cerita Pertemuan Keluarga Abdoel Manap-Abdoel Hamid setelah Terpisah selama 70 Tahun
TAK SANGKA: Abdoel Manap (berdiri pakai topi) bersama keluarga Kathi Suprata (dua dari kanan) saat pertemuan di rumah Probolinggo. Foto : Radar Bromo
Keturunan Abdoel Hamid di Washington, Amerika Serikat, nyaris putus hubungan dengan keluarga adiknya, Abdoel Manap, di Probolinggo, Jawa Timur. Namun, berkat jejaring sosial Facebook, keluarga yang terpisah selama 70 tahun itu akhirnya bertemu.

 

MUHAMMAD IQBAL, Probolinggo

KELUARGA Abdoel Manap tidak pernah menyangka bahwa akhirnya bisa bertemu dengan keluarga kakaknya, Abdoel Hamid, yang tinggal di Amerika. Pasalnya, jarak yang sangat jauh dan waktu yang sangat lama telah memisahkan mereka. Apalagi, Abdoel Hamid meninggal dunia pada 1999. Tidak ada lagi yang tahu persis asal usul Abdoel Hamid di Indonesia.

Tapi, suratan takdir berkata lain. Meski nyaris "kematian obor" dua keluarga kakak-beradik yang terpisah selama 70 tahun itu pun bisa berjumpa. Uniknya, meski mereka saudara sepupu, keluarga Abdoel Hamid menjadi "bule" semua, sedangkan keluarga Abdoel Manap tetap Jawa. Bahasa komunikasi mereka pun berbeda. Yang satu menggunakan bahasa Indonesia, satunya lagi berbahasa Inggris.

Tak mengherankan bila pertemuan dua keluarga itu menarik perhatian para tetangga Abdoel Manap di RT 5, RW 4, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Probolinggo. Rumah Abdoel Manap menjadi ramai karena mendapat tamu istimewa keluarga Abdoel Hamid yang diwakili Kathleen Marfiah Suprata, anak ketiganya, beserta suami dan seorang anaknya.  "Ini pertemuan Lebaran yang paling mengesankan bagi keluarga saya," ujar Abdoel Manap yang kini berusia 83 tahun.

Keturunan Abdoel Hamid di Washington, Amerika Serikat, nyaris putus hubungan dengan keluarga adiknya, Abdoel Manap, di Probolinggo, Jawa Timur. Namun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News