Ceroboh, Permintaan Maaf AS Tidak Cukup

Ceroboh, Permintaan Maaf AS Tidak Cukup
Ceroboh, Permintaan Maaf AS Tidak Cukup
JAKARTA — Pemerintah Indonesia tengah memikirkan langkah berikutnya setelah mengirimkan nota protes ke AS terkait bocornya data intelejn hingga bisa diuangkap Wikileaks. Langkah ini dirasa perlu, karena pemberitaan The Age dan Sidney Morning Herald (SMH) yang memuat tentang Presiden SBY dan tokoh penting lainnya dinilai sangat merugikan.

‘’Kita harus mempertanyakan, apakah cukup menyampaikan permintaan maaf saja. Ini rasanya sudah mengganggu kita semua. Apa yang dituduhkan kepada Indonesia, padahal tidak kita lakukan,’’ tegas Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa pada wartawan di Jakarta, Jumat (11/3).

’’Intinya merupakan kecerobohan pemerintah AS yang sekarang harus kita rasakan dampaknya. Kecerobohan mengelola informasi rahasia yang sebenarnya bukanlah data yang benar,’’ tambah Marty lagi.

Mengenai pernyataan Dubes AS, Scot Marciel yang membantah kebenaran isi dokumen rahasia oleh Wikileaks, dinilai Marty sebagai hal standar yang dilakukan oleh Pemerintah AS. Namun pemerintah Indonesia, tetap akan meminta pertanggungjawaban dari Pemerintah AS akibat beredarnya surat diplomatik AS yang disebut telah bocor ke tangan Wikileaks.

JAKARTA — Pemerintah Indonesia tengah memikirkan langkah berikutnya setelah mengirimkan nota protes ke AS terkait bocornya data intelejn hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News