Cile Berjuang Tertibkan Situasi

Pasca Bencana Gempa 8,8 SR

Cile Berjuang Tertibkan Situasi
KACAU - Penjarahan toko-toko oleh sebagian warga di Cile pasca gempa yang merusak sejumlah kawasan di negeri itu. Foto: AP/Boston.com.
CONCEPCION - Pejabat berwenang di Cile harus memperpanjang jam malam, khususnya di Concepcion, kota kedua terbesar di negeri itu, terkait dengan masih maraknya kekacauan. Pasca gempa berkekuatan 8,8 SR yang mengguncang Cile akhir pekan lalu, kejahatan dan pencurian memang menjadi salah satu faktor yang memperburuk keadaan.

Seperti diberitakan Reuters, Selasa (2/3), rentang jam malam di Concepcion ditambah oleh pemerintah setempat hingga tengah hari, setelah para penjarah khususnya dilaporkan kian merajalela di Concepcion, termasuk dengan membakar toko-toko. Sementara, warga juga melaporkan meningkatnya ancaman keamanan, di samping distribusi makanan dan bantuan lain yang masih dikeluhkan berjalan lambat.

Pemerintah Cile sendiri telah mengirim ribuan personil tentara ke kota itu, guna membantu petugas kepolisian setempat. Namun, situasi sejauh ini dilaporkan masih belum bisa dikendalikan, di samping kondisi kota yang hancur dan memang termasuk paling parah terkena dampak gempa tersebut.

Warga setempat di Concepcion bahkan mengaku harus membentuk kelompok-kelompok pengamanan mereka sendiri, demi menjaga keamanan lingkungan sekitar dari para penjarah dan aksi perampokan. Padahal, baru saja Senin (1/3) kemarin, walikota setempat sempat memberi pernyataan bahwa daerah itu sudah mulai tertib kembali.

CONCEPCION - Pejabat berwenang di Cile harus memperpanjang jam malam, khususnya di Concepcion, kota kedua terbesar di negeri itu, terkait dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News