Cost Recovery Bikin Ragu Investor

Cost Recovery Bikin Ragu Investor
Cost Recovery Bikin Ragu Investor
JAKARTA-BP migas menilai isu Cost Recovery membuat investor cemas untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Hal ini sebagai menjawab pertanyaan berbagai pihak yang mempertanyakan penyebab tidak berminatnya investor terhadap blok migass yang ditawarkan pemerintah. Dari 21 blok migas yang ditawarkan pemerintah pada investor tahun 2007, baru 9 blok yang laku hingga saat ini oleh investor lokal.

jpnn.com - Demikian diungkapkan Eddy Purwanto, Deputi Operasi BP Migas kepada wartawan jumat sore di gedung Patrajasa, Jakrta (01/08).”Semakin meningkatnya isu cost recovery meresahkan calon investor,” ujarnya.

Isu menekan cost recovery perusahaan migas muncul dari berbagai pihak. Beberapa waktu yang lalu DPR memberikan usulan untuk menekan cost recovery hingga 15%. Saat ini cost recovery rata-rata perusahaan migas di Indonesia 23% dari revenue (pendapatan), sehingga penekanan ini akan menghasilkan cost recovery 19% dari revenue.

Menurut hasil studi Johnson, ahli perminyakan dunia, besar cost recovery yang wajar itu adalah 40%. Sementara cost recovery dibawah 20% dianggap “cruel” atau tidak wajar.

Selanjutnya Eddy Purwanto mengungkapkan yang ditakutkan pemerintah dengan penekanan cost recovery ini adalah menyebabkan para kontraktor migas akan menekan seluruh biaya operasi mereka. Penekanan biaya yang dianggap tidak akan mengganggu pendapatan mereka adalah menekan biaya eksplorasi.

Sementara hal ini akan berdampak pada penurunan eksplorasi. Apabila eksplorasi menurun ditakutkan cadangan minyak mentah yang akan diproduksi menjadi menurun. Padahal kesinambungan eksplorasi sangat penting untuk menjaga cadangan minyak mentah. Laju penurunan produksi minyak saat ini saja telah mencapai 8 hingga 10%. laju penurunan ini akan bertambah jika tidak ada eksplorasi pencarian ladang-ladang minyak baru di Indonesia. (wid)

JAKARTA-BP migas menilai isu Cost Recovery membuat investor cemas untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Hal ini sebagai menjawab pertanyaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News