Cuma Rp 89 Triliun dari Arab, Jokowi: Padahal Sudah Saya Payungi

Cuma Rp 89 Triliun dari Arab, Jokowi: Padahal Sudah Saya Payungi
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Presiden Joko Widodo tiba di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017). Foto: Raka Denny/Jawa Pos

jpnn.com, CIREBON - Arab Saudi mengguyurkan investasi sebesar Rp 89 triliun, dari hasil kunjungan 15 hari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud awal Maret kemarin. Namun itu belum cukup membuat Presiden Joko Widodo gembira.

Apalagi setelah dia tahu, dalam kunjungannya ke Tiongkok, Arab Saudi berinvestasi sekitar Rp 870 triliun, hampir sepuluh kali lipat dari yang didapat Indonesia.

Karena itu, dengan nada setengah bercanda, Jokowi pun mengungkapkan kekecewaannya kepada Raja Salman karena lebih banyak berinvestasi di Tiongkok. "Padahal, sudah saya payungi waktu hujan, saya setiri sendiri, tapi kok dapatnya lebih kecil. Itu yang membuat saya sedikit kecewa," ujarnya.

Kekecewaan itu dijadikan bahan candaan saat Jokowi berpidato di Pondok Pesantren Buntet di Cirebon kemarin (13/4).

Menurut dia, angka investasi Rp 89 triliun tersebut sebenarnya sangat besar dan membuatnya kaget. Namun, ternyata itu jauh lebih kecil dari investasi yang didapat Tiongkok.

"Padahal, sudah saya payungi sendiri, sudah saya setiri sendiri mobil golfnya," kata Jokowi mengulangi, sambil tangannya memperagakan orang memegang payung, lalu menyetir mobil. Kontan, candaan Jokowi itu memancing gelak tawa ribuan hadirin.

Karena itu, Jokowi berjanji menindaklanjuti investasi tersebut. Dia berencana menelepon Raja Salman dan Pangeran Mohammad, putra Raja Salman yang memegang kendali investasi Arab Saudi. "Moga-moga Indonesia mendapatkan yang lebih dari yang diberikan kepada Tiongkok," ucapnya. (byu/jun/c10/owi)


Arab Saudi mengguyurkan investasi sebesar Rp 89 triliun, dari hasil kunjungan 15 hari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud awal Maret kemarin. Namun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News