Curigai Penangkapan Irman Gusman Didesain Untuk Bubarkan DPD

Curigai Penangkapan Irman Gusman Didesain Untuk Bubarkan DPD
Curigai Penangkapan Irman Gusman Didesain Untuk Bubarkan DPD. Foto Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Wacana pembubaran Dewan Perwakilan Daerah mengemuka. Permintaan pembubaran yang dilakukan sebagian orang menyusul ditangkapnya Ketua DPD Irman Gusman oleh KPK pada operasi tangkap tangan, Sabtu (17/9). 

Oleh anggota DPD asal Sulawesi Barat, Asri Anas, aksi yang menghendaki DPD dibubarkan dianggapnya aneh dan tidak rasional. 

Alasannya, DPD secara kelembagaan dan oknum pejabat harus dipisahkan karena tidak sangkut pautnya. 

"Jadi tidak ada sangkut pautnya oknum anggota dengan lembaganya. Ke depan di DPD, harusnya dilakukan upaya preventif perbaikan seleksi kepemimpinan sehingga tidak ada kasus serupa terjadi," kata Asri dalam keterangan persnya, Senin (19/9). 

Asri pun menaruh curiga. Menurutnya, jangan-jangan penangkapan Irman memang sengaja dilakukan agar bisa dijadikan alasan untuk membubarkan DPD.

"Aneh kalau ada keinginan membubarkan DPD. Kami curiga jangan sampai kasus Pak Irman Gusman by setting untuk itu (bubarkan DPD)," katanya.

Asri yang juga Koordinator Gerakan Nasional untuk Penguatan DPD RI ini  menegaskan DPD RI lahir sebagai buah reformasi mengakomodir kepentingan daerah.

"Kita bicara fakta bahwa DPD RI lahir dari sekian banyak lembaga negara karena tuntutan reformasi. Sehingga yang menginginkan pembubaran DPD RI tidak mengerti konstitusi," kata Asri.

JPNN.com JAKARTA - Wacana pembubaran Dewan Perwakilan Daerah mengemuka. Permintaan pembubaran yang dilakukan sebagian orang menyusul ditangkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News