Daerah Minta KEK, Pemerintah Pilih Selektif

Daerah Minta KEK, Pemerintah Pilih Selektif
Daerah Minta KEK, Pemerintah Pilih Selektif
JAKARTA – Kebijakan pemerintah menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam, Bintan dan Karimun di Kepulauan Riau dan Dumai di Riau membuat banyak daerah menginginkan kawasan serupa. Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu menyatakan, permintaan dari daerah untuk memiliki KEK terus bermunculan.

Mendag menyatakan bahwa daerah yang telah mengusulkan agar wilayahnya ditetapkan sebagai KEK antara lain Kabupaten Morotai di Maluku Utara, Cilegon, Bojanegara dan Tanjung Lesung di propinsi Banten, serta Kabupaten Belitung di Provinsi Babel. Menurut Mendag, daerah pengusul telah diundang untuk mempresentasikan usulkan KEK kepada Timnas Pengembangan KEK.

"Usulan dari daerah yang ingin menjadi KEK telah kita sampaikan ke Sekretaris Timnas KEK di bawah koordinator Kementerian Kordinator Perekonomian," ujar Mendag pada Rapat Kerja (Raker) Komisi VI DPR RI, Senin (24/5).

Lebih lanjut Mendag mengatakan, penetapan KEK di suatu daerah merupakan program prioritas pemerintah sebagai upaya bagi percepatan pembangunan nasional. Rencana tersebut juga sudah dituangkan dalam Inpres Nomor 1 tahun 2010 yakni tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Pembangunan Nasional.

JAKARTA – Kebijakan pemerintah menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam, Bintan dan Karimun di Kepulauan Riau dan Dumai di Riau membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News