Dahlan Iskan Singgung Kaitan Demokrasi dengan Apartemen

Dahlan Iskan Singgung Kaitan Demokrasi dengan Apartemen
Dahlan Iskan Singgung Kaitan Demokrasi dengan Apartemen

jpnn.com - DENPASAR - Peserta konvensi calon presiden di Partai Demokrat (PD) Dahlan Iskan mengaku prihatin dengan kecenderungan masyarakat yang semakin memilih tinggal di apartemen eksklusif ketimbang berbaur dan memiliki banyak tetangga. Menurutnya, tak bisa dipungkiri bahwa fenomena itu bisa menggerus sosialisasi antar-warga.

Dahlan mencontohkan Singapura yang merombak kawasan perumahan menjadi kompleks apartemen. "Di abad sekarang ini ada percobaan menyelesaikan tesis di Singapura. Di sana perumahan banyak yang dirombak diganti menjadi apartemen," ucap Dahlan saat debat konvensi PD di Hotel Aston, Denpasar, Selasa (18/2) malam.

Parahnya lagi, kata Dahlan, para penghuni apartemen itu nampak sudah diskenariokan oleh pihak tertentu. "Seperti penghuni itu sudah direkayasa, sudah ditentukan. Misalnya di India ada berapa orang yang tinggal di situ, Singapura berapa orang, sudah terbagi-bagi," terang dia.

Apakah dengan pengelompokan itu maka akan menjadi baik? Dahlan mengaku belum mengetahuinya. Namun, katanya, hal itu justru malah membahayakan.

"Hal ini bisa membahayakan, bisa juga tidak. Tapi kalau terus menerus dilakukan itu bisa membahayakan. Bisa menimbulkan gangguan demokrasi, tapi itu tidak akan terjadi bila demokrasi bisa mendewasaan hal itu," pungkasnya. (chi/jpnn)

DENPASAR - Peserta konvensi calon presiden di Partai Demokrat (PD) Dahlan Iskan mengaku prihatin dengan kecenderungan masyarakat yang semakin memilih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News