Dahlan: Tol Jakarta-Surabaya untuk Imbangi Laju Jumlah Kendaraan

Dahlan: Tol Jakarta-Surabaya untuk Imbangi Laju Jumlah Kendaraan
Dahlan: Tol Jakarta-Surabaya untuk Imbangi Laju Jumlah Kendaraan

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan alasan mengapa ingin membangun tol di atas laut Jakarta-Surabaya. Pertumbuhan jumlah kendaraan setiap tahunnya menjadi salah satu alasan Dahlan ingin membangun tol tersebut.

Disebutkan, penambahan mobil baru saat ini mencapai 1 juta per tahunnya. Sedangkan penambahan sepeda motor mencapai 80 juta per tahun.

"Satu tahun tambah mobil 1 juta lebih, tambah sepeda motor 80 juta. Trus mau ditaruh di mana ini nanti? Jangan lihat jangka sekarang, tapi nanti. Tol ini paling nanti baru jadi 5 tahun lagi dan kendaraan akan bertambah terus," ujar Dahlan usai mengelar rapat pimpinan (Rapim) BUMN di kantor Askes, Cempaka Putih, Jakarta, Kamis (10/10).

Di samping itu, bila nanti tol ini rampung dibangun, bisa memangkas waktu yang akan ditembuh untuk berpergian ke Jawa. "Kalau nanti ada tol bisa lebih efisien waktu tentunya," terangnya.

Sementara untuk kontur laut pantai utara Jawa, bekas Dirut PLN ini menilai kontur tersebut mampu ditanami tiang pancang jalan tol. Meski begitu, dia tetap meminta BUMN melakukan kajian lebih mendalam.

"Ada asumsi awal kalau pantai utara tidak sulit dibangun tol. Tapi tetap harus dicek kelayakannya, waktunya sekitar enam bulan untuk mengkaji jalurnya," papar Dahlan. (chi/jpnn)

 


Berita Selanjutnya:
2014, Tambah Satu Ruas Tol

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan alasan mengapa ingin membangun tol di atas laut Jakarta-Surabaya. Pertumbuhan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News