Dana BOS Tidak Efektif, Kebijakan RSBI Dinilai Tak Tepat

Dana BOS Tidak Efektif, Kebijakan RSBI Dinilai Tak Tepat
Dana BOS Tidak Efektif, Kebijakan RSBI Dinilai Tak Tepat
JAKARTA - Aturan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dinilai tidak efektif mengurangi pungutan di sekolah. Program Manager Pattiro Institute, Ermy Ardhyanti mengatakan, aturan BOS saat ini yang bercampur antara pos operasional dan pos honor, mengakibatkan penggunaan dana BOS didominasi oleh pengeluaran untuk honor yang mencapai 40 persen.

"Saat ini, baik secara nyata ataupun samar, honor untuk guru tidak tetap pembayarannya menggunakan dana BOS ini. Sehingga biaya operasional belajar siswa semakin berkurang," ungkap Ermy, ketika menggelar konferensi pers mengenai anggaran pendidikan di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Minggu (1/5).

Ermy mengatakan, saat ini bahkan banyak pula dana BOS yang digunakan untuk belanja di luar ketentuan. Akibatnya, lanjut Ermy, pungutan sekolah hanya menurun 20 persen. Di mana masyarakat masih harus dibebani dengan membayar rata-rata sebesar Rp 50 ribu sampai dengan Rp 350 ribu per bulan, untuk beberapa jenis pungutan lainnya.

"Anggaran sebagian besar masih disalurkan dalam bentuk proyek, yang seringkali tidak tepat sasaran. Padahal, seharusnya bisa disalurkan dalam bentuk skema," imbuhnya.

JAKARTA - Aturan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dinilai tidak efektif mengurangi pungutan di sekolah. Program Manager Pattiro

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News