Danau Di Indonesia Terancam, Kepala Daerah Temui DPD

Danau Di Indonesia Terancam, Kepala Daerah Temui DPD
Pertemuan kepala daerah dan DPD. Foto: dok. humas DPD

jpnn.com, JAKARTA - Bupati dan Wakil Bupati dari daerah yang memiliki danau datang ke DPD RI untuk menyampaikan aspirasi.

Mereka menyampaikan soal permasalahan danau yang saat ini dianggap terancam kelestariannya.

Oleh karena itu, melalui audiensi tersebut, DPD diharapkan mampu mendorong pemerintah untuk menciptakan sistem pengelolaan danau yang lebih baik di seluruh Indonesia.

Saat menerima audiensi tersebut, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, mengatakan pihaknya akan mewadahi aspirasi tersebut sebagai kepentingan daerah.

Keberadaan danau dianggap memberikan manfaat penting bagi daerah, seperti pariwisata, ketahanan pangan, irigasi, ataupun perikanan.

“Dalam rangka konservasi danau yang menjadi kewajiban kita bersama dan negara harus kita didorong kesana agar memungkinkan untuk perawatan atau rehabilitasi yang sudah rusak. Masalah lingkungan selalu menjadi perhatian kita,” ucapnya di ruang delegasi Ketua DPD.

Nono juga berpesan agar setiap kepala daerah yang memiliki danau di kawasannya, memberikan edukasi kepada stakeholders dan masyarakat mengenai kondisi saat ini.

Karena selama ini banyak masyarakat yang belum memahami kondisi dan situasi danau saat ini, termasuk potensi kerusakan dan akibatnya kepada masyarakat.

DPD diharapkan mendorong pemerintah untuk menciptakan sistem pengelolaan danau yang lebih baik di seluruh Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News