Dapat Asap Kiriman, Bulungan Berkabut

Dapat Asap Kiriman, Bulungan Berkabut
Dapat Asap Kiriman, Bulungan Berkabut
TANJUNG SELOR - Beberapa hari terakhir langit Bulungan dan Tanjung Selor diselimuti kabut asap dan udara panas. Kabut tersebut merupakan kabut asap kiriman dari Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) serta sebagian dari asap pembakaran lahan lokal di area Bulungan.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi da Geofisikan (BMKG) Bulungan Armunanto kepada wartawan kemarin. Dia mengatakan, saat ini banyak terdapat titik api di Kalbar, Kalsel, dan Kalteng karena sudah memasuki musim kemarau. Asap tebal terparah terjadi di Kalteng.

Dari foto satelit yang ada, titik api juga terdapat di Bulungan  sebanyak enam titik. Dampak dari pembakaran lahan di Bulungan tampak terasa dan terlihat. Selain berkabut dan panas, juga terlihat abu-abu rerumputan mengotori atap dan teras rumah.

“Dampak asap kirimanan dari Kalbar sendiri akan bertahan lama. Ini terjadi karena angin bertiup dari barat daya dan kecepatan anginnya melemah, sementara pusat tekanan rendah di Filipina tidak cukup kuat, sebab kecepatan angginnya lemah sehingga berakibat mengumpulnya asap di wilayah utara, khususnya Bulungan. Ini akan berlangsung lama,” ungkap Armunanto.

TANJUNG SELOR - Beberapa hari terakhir langit Bulungan dan Tanjung Selor diselimuti kabut asap dan udara panas. Kabut tersebut merupakan kabut asap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News