Definisi Negarawan, Politisi dan Birokrat versi JK

Definisi Negarawan, Politisi dan Birokrat versi JK
Definisi Negarawan, Politisi dan Birokrat versi JK
JAKARTA - Bukan Jusuf Kalla kalau tidak melontarkan istilah-istilah menarik dalam acara yang dihadiri banyak orang. Saat berbicara pada Seminar Nasional yang digelar Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) di Hotel Sahid, Jumat (8/1), JK membedakan negarawan, politisi, dan birokrat yang ada di negeri ini.

Menurut JK, seorang negarawan akan selalu memiliki visi jauh ke depan. "Negawaran itu memikirkan bagaimana 25 tahun ke depan. Jadi visioner," ujar JK mengawali paparannya.

Namun untuk politisi, JK menyebutnya hanya berpikir lima tahunan saja. Politisi, sambung JK, hanya memikirkan bagaimana terpilih lagi untuk duduk sebagai pejabat. "Makanya hanya sibuk bagaimana membangun citra," ujar JK yang disambut tepuk tangan para kader dan simpatisan Hanura.

Adapun birokrat, kata JK, hanya berpikir satu tahunan saja. "Yaitu bagaimana menghabiskan anggaran tahunan," ujar JK yang lagi-lagi disambut tepuk dan tawa termasuk para tokoh yang hadir seperti Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, ekonom Kwik Kian Gie dan Ketua Umum Hanura, Wiranto.

JAKARTA - Bukan Jusuf Kalla kalau tidak melontarkan istilah-istilah menarik dalam acara yang dihadiri banyak orang. Saat berbicara pada Seminar Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News