Dekarbonisasi Industri Cegah Krisis Iklim Menjadi Krisis Ekonomi Nasional

Dekarbonisasi Industri Cegah Krisis Iklim Menjadi Krisis Ekonomi Nasional
Kadin Net Zero Hub atau Kadin NZH berkomitmen mencegah krisis. Kadin NZH memberi pendampingan teknis dekarbonisasi industri berstandar STBI. Foto: Dokumen Kadin NZH.

jpnn.com - JAKARTA - Sebanyak 50 perusahaan nasional berkolaborasi dengan Kadin Net Zero Hub dan menyatakan komitmen atas dekarbonisasi industri dalam upaya mencegah imbas krisis iklim menjadi krisis ekonomi nasional.

Ketua Kadin Net Zero Hub Muhammad Yusrizki menyampaikan kolaborasi 50 perusahaan dengan Kadin yang disertai penandatanganan komitmen dekarbonisasi industri tersebut berlangsung 19 Oktober lalu di Jakarta. 

Kadin NZH berharap titik awal gerakan dekarbonisasi yang dilakukan pertama kali oleh 50 perusahaan itu akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya. 

Menurut dia, komitmen dekarbonisasi 50 perusahaan pertama di Indonesia ini menggambarkan sektor swasta nasional sudah menunjukkan geliat nyata mereka untuk membantu pemerintah dalam hal mengurangi emisi karbon.

Kadin NZH menargetkan setidaknya 100 perusahaan nasional menyatakan komitmen atas dekarbonisasi industri pada gelaran B20 Summit pada November 2022 di Bali.

Yusrizki mengungkapkan inisiatif kolaborasi antara Kadin NZH dengan sejumlah pengusaha tersebut berlatar belakarang belum terlihatnya urgensi untuk menurunkan emisi karbon di sektor industri atau dekarbonisasi industri di kalangan pemangku kepentingan bisnis nasional. 

Di sisi lain, kendala terbesar perusahaaan-perusahaan yang sudah mengerti dan ingin melakukan dekarbonisasi industri adalah minimnya informasi, pengetahuan terkait proses transisi itu sendiri, dan akses kepada energi bersih.

“Yang belum banyak disadari oleh stakeholder bisnis nasional adalah perubahan tatanan bisnis dan investasi global yang akan sangat berdampak kepada pelaku usaha dalam negeri,” kata Yusrizki melalui keterangan tertulisnya, Senin (24/10). 

Kadin Net Zero Hub atau Kadin NZH berkomitmen mencegah krisis. Kadin NZH memberi pendampingan teknis dekarbonisasi industri berstandar STBI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News