Dekat dengan PDIP, Jalan Akom Diyakini Bakal Mulus

Dekat dengan PDIP, Jalan Akom Diyakini Bakal Mulus
Ade Komarudin. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pangi Syarwi Chaniago memperkirakan, tidak akan ada hambatan terkait pelantikan politikus Golkar Ade Komarudin sebagai Ketua DPR. Ini terlihat dari beberapa indikator.

Indikator pertama, Akom (sapaan Ade) sudah ditetapkan menjadi Ketua DPR definitif pada saat rapat paripurna penutupan masa sidang II yang diselenggarakan 18 Desember 2015 lalu. "Artinya, secara de facto sudah sah, tinggal pelantikannya secara formalitas," ucap Pangi di Jakarta, Senin (11/1).

Partai Golkar kubu Agung Laksono menunjuk Ketua Fraksi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Ketua DPR. Namun, menurut Pangi, Agus tidak bisa menandingi Akom. "Agus Gumiwang kalah jam terbang dan tenggelam oleh Akom. Jam terbang Akom dalam soal lobi mengalahkan Agus," ujar Pangi.

Indikator berikutnya, sambung Pangi, Akom memiliki kedekatan historis dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Pangi menyatakan, Akom memiliki andil besar pada saat pergantian presiden dari Gus Dur ke Megawati. "Sehingga, Megawati berjalan mulus menjadi presiden," ungkap Pangi.

Pangi menjelaskan, indikator terakhir adalah Akom sangat dekat dengan "inner circle" PDIP. Dengan pengalamannya selama belasan tahun menjadi anggota DPR, Akom tentu sudah melakukan komunikasi dengan PDIP. "Tentu saja Akom sudah banyak berkomunikasi dan berteman baik, termasuk dengan elite PDIP," ungkap Pangi. (gil/jpnn)

JAKARTA - Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pangi Syarwi Chaniago memperkirakan, tidak akan ada hambatan terkait pelantikan politikus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News